RPP TEMA 2 RUKUN DALAM PERBEDAAN SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU

                        Sekolah                       :           SD Inpres Japing
                        Kelas/Semester         :           VI/1 (satu)
                        Tema                          :           2. Persatuan dalam Perbedaan
                        Subtema                     :           1.  Rukun dalam Perbedaan
                        Pembelajaran ke       :           1
                        Alokasi Waktu           :              x 35 menit (1 kali pertemuan)


A.       Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam  bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
      
            Bahasa Indonesia
      
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa,
di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

3.4.1 Mengidentifikasi informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.


4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek
apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan
 penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.4.1     Menyajikan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

IPS
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan
kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
3.2.1.    Menyebutkan keragaman budaya,  etnis, dan agama dari   teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap
4.4 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.2.1.      Mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis



           IPA
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Mengalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
3.6.1.      Menjelaskan cara menghasilkan   bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber.

4.6.1.    Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.


C.   Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah membaca teks tentang Proklamasi Kemerdekaan, siswa mampu menyebutkan informasi penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan detail.
  3. Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan makna Proklamasi Kemerdekaan dengan benar.
  4. Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan dan mempresentasikan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  5. Setelah mengamati tumbuhan dan habitatnya, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya.
  6. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan hasil pengamatan terhadap ciri-ciri satu jenis tumbuhan terkait habitatnya.

D.       Materi Pembelajaran.
1.                                                          Gagasan pokok dan gagasan pendukung pada sebuah paragraf.
2.                                                          Keberagaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, agama Bangsa Indonesia.
3.                                                          Sifat-sifat bunyi.

E.        Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran        : Ceramah, diskusi, Tanya jawab, dan penugasan.
                                                      
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
,
Kegiatan
Oval Callout: Komunikasi,PPK

Oval Callout: CriticalOval Callout: PPKOval Callout: LiterasiDeskripsi
Oval Callout: PPKAlokasi Waktu
Pendahuluan

1.         Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
2.         Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (Untuk menyegarkan suasana, guru dapat menanyakan tanggal hari ini. Misalnya tanggal 17, Maka mintalah siswa dengan nomor  absen 17 untuk memimpin doa).
3.         Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.         Salam PPK atau tepuk PPK atau mars PPK.
5.         Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
6.         Mintalah siswa untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas. Lakukan operasi semut jika kelas masih kurang rapi.
7.         Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
8.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap syukur, kerja sama, teliti dan percaya diri yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
9.         Pembiasaan membaca nyaring 15 menit (Catatan : akan lebih baik jika Guru membacakan buku cerita rakyat, atau buku lain yang sesuai dengan materi).
a.        Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
-             apa yang tergambar pada sampul buku?
-             apa judul buku?
-             kira-kira buku ini menceritakan apa?
-             pernahkah kamu membaca judul seperti itu?
-             apa saja yang kamu ingin ketahui dari buku
         ini?
b.   Pada saat membaca, guru menunjukkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama.
c.    Setelah guru membacakan buku, siswa diminta membuat peta cerita/mind map.
10.     Menyegarkan suasana kembali dengan menyanyikan Lagu Ampar-ampar Pisang, atau lagu daerah setempat. Berikan penguatan bahwa negara kita kaya akan lagu daerah.
30 menit
Kegiatan inti

1.             Guru membawa bendera Merah Putih ke dalam kelas.
2.             Guru mengajukan pertanyaan:
‘Kapan bendera Merah Putih dikibarkan?’
‘Apa makna bendera Merah Putih bagi Indonesia?
3.             Siswa diminta untuk mengamati gambar tulisan asli dari teks proklamasi selama satu menit. Kemudian, setiap siswa menjawab pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelahnya dan mendiskusikan jawabannya.
4.              Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi secara aktif.
5.             Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya. Kemudian, memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada.
6.             Siswa kemudian membaca teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan mengisi peta pikiran.
7.             Bersama temannya, siswa mendiskusikan peta pikiran masing-masing. Guru berkeliling untuk memastikan semua siswa aktif.
8.             Guru meminta satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya.
9.             Siswa mengembangkan informasi pada peta pikiran dalam bentuk tulisan. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikannya di kelompok masing-masing.
10.         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca ulang teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan menuliskan maknanya bagi bangsa Indonesia.
11.         Guru membimbing diskusi secara klasikal dan memberikan penguatan.
12.         Siswa menuliskan paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari mereka.
13.         Guru mengajak siswa untuk mendiskusikannya dan memberikan saran apabila dibutuhkan.
14.         Siswa secara berkelompok akan berpetualang di lingkungan sekolah.
15.         Guru telah menyiapkan beberapa pos. Pada setiap pos sudah tersedia berbagai jenis tumbuhan atau gambar tumbuhan beserta informasi tentang cara tumbuhan tersebut beradaptasi.
16.         Tugas setiap kelompok adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, mencatatnya, dan mendiskusikannya dalam kelompok.
17.         Guru meminta siswa memilih satu jenis tanaman dan membuat catatan tentang ciri tanaman tersebut serta bagaimana tanaman tersebut beradaptasi.
18.         Siswa kemudian menulis laporan berdasarkan informasi pada peta pikiran.
19.         Siswa mempresentasikan hasil temuan mereka di depan kelas.

165 menit
Penutup
1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ;
-          Apa saja yang telah dipahami siswa?
-          Apa yang belum dipahami siswa?
-          Bagaimana perasaan selama pembelajaran?
2.         Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
3.        Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
4.        Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap syukur, kerja sama, percaya diri dan teliti.
5.        Siswa menyanyikan lagu ‘Dari Sabang sampai  Merauke’
6.      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga     kebersihan kelas.
7.      Salam PPK atau tepuk PPK atau mars PPK.
8.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 Menit



G.       Penilaian
1.     Sikap
Teknik       : Observasi
Instrumen  : Format Penilaian Sikap (Jurnal)

No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.





2.





3.





Dst







2.     Pengetahuan
Teknik       : Tes tertulis.
Instrumen  : Soal uraian.

Muatan
Kompetensi Dasar
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Tes tertulis
Soal uraian
IPS
3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
Tes tertulis
Soal isian
IPA
3.3 Mengalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Tes tertulis
Soal uraian


3.     Keterampilan
Teknik       : Produk.
Instrumen  : Rubrik penilaian.

a.        Diskusi
Guru menilai siswa saat diskusi dengan menggunakan rubric.
Kriteria

Sangat Baik
(4)
Baik
(3)

Cukup
(2)

Perlu
Pendampingan
(1)
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan.
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan.
Komunikasi
nonverbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara).
Meresponss
dan
menerapkan
komunikasi
nonverbal
dengan
tepat.
Merespons
dengan tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan
teman.
Sering
merespons
kurang tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, pe–
rasaan, pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman.
Selalu mendukung
dan
memimpin
lainnya saat
diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespons
sesuai dengan
topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
namun
terkadang
merespons
kurang sesuai
dengan topik.
Jarang berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung.

b.     Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
Indikator Penilaian
Ada
Tidak Ada
Menyebutkan informasi penting dengan unsur APA secara tepat


Menyebutkan informasi penting dengan unsur SIAPA secara tepat


Menyebutkan informasi penting dengan unsur DI MANA secara tepat


Menyebutkan informasi penting dengan unsur KAPAN secara tepat


Menyebutkan informasi penting dengan unsur MENGAPA  secara tepat


Menyebutkan informasi penting dengan unsur BAGAIMANA  secara tepat


c.      IPS
Tugas dinilai dengan daftar periksa.
Indikator Penilaian
Ada
Tidak Ada
Menyebutkan makna Proklamasi Kemerdekaan


Tulisan memuat makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari


d.     IPA
Laporan IPA dinilai dengan daftar periksa.
Indikator Penilaian
Ada
Tidak Ada
Menyebutkan satu jenis tanaman


Menyebutkan ciri-ciri fisik tanaman


Menyebutkan manfaat bagian tanaman terkait habitatnya.


e.      Catatan pengamatan sikap (Peduli)
4.     Remedial
Siswa yang masih kesulitan menemukan informasi penting dari bahan bacaan dengan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dapat berlatih dengan guru. Guru membantu siswa dengan memberikan teks dan meminta siswa
untuk membacanya berulang kali berdasarkan unsur yang difokuskan.

5.   Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan pertunjukan kombinasi bunyi di kelas lain. Mintalah siswa untuk membawa tanaman yang berbeda dan memperlihatkannya kepada temannya, kemudian mendiskusikan cara tanaman tersebut beradaptasi.


H.      Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/Alat               :  Jenis-jenis tumbuhan dan habitatnya. Bendera Merah Putih.
Bahan                                               :   
Sumber Belajar    :
Ø  Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas VI,  Tema 2: Persatuan dalam Perbedaan, Subtema 1: Rukun dalam Perbedaan, Pembelajaran 1.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2018). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Ø  Buku bse IPA karangan Heri Sulistyanto.
Ø  Buku bse IPS karangan Nurhadi dan Hartitik.


Refleksi Guru








                                                                                                Japing, ......................   2018       
Mengetahui,                                                                                                
 Kepala Sekolah                                                                  Guru Kelas VI B




MUH. TAHIR, S.Pd                                                                    ISMAWATI
NIP. 19600821 198411 1 001                                             NIP. XXXXX











Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAPPILAJARANG 5 ARU