RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP UNTUK PAUD TK
Silahkan dijadikan contoh atau bahan referensi sesuai kebutuhan
Silahkan digunakan sesuai dengan kebutuhan
Buat yang butuh RPP Mingguan silahkan klik link di bawah:
https://perangkatpembelajaransdijaping.blogspot.com/2018/10/rpp-mingguan-paud-tk-kurikulum-2013.html
Buat yang butuh PROTA atau PROSEM, Silahkan klik link di bawah:
https://perangkatpembelajaransdijaping.blogspot.com/2018/10/protah-dan-prosem-paud-tk-kurikulum-2013.html
https://perangkatpembelajaransdijaping.blogspot.com/2018/10/protah-dan-prosem-paud-tk-kurikulum-2013.html
Silahkan dijadikan contoh atau bahan referensi sesuai kebutuhan
Semester/Minggu/Hari ke : 1 / 1 / 1
Hari, tanggal :………………, ………………………
Kelompok usia :5 – 6
Tahun
Tema / subtema/ sub
subtema : Diriku /Identitas
Diri / Nama
Kompetensi Dasar (KD) : 1.1 – 1.2 – 2.5 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.3 – 4.3
– 3.12 – 4.12
Materi
Kegiatan : - Aku ciptaan Tuhan
-Menyayangi diri sendiri
-Berani
tampil di depan umum
-Mengurus
diri sendiri
-Menyanyi
lagu Aku
-Fungsi
identitas diri
-Menggerakkan
jari-jari tangan
Materi
Pembiasaan:-Bersyukur
sebagai ciptaan Tuhan
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP
penyambutan dan penjemputan
- Doa sebelum belajar dan mengenal aturan
masuk ke dalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk
dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan :Gambar anak laki-laki dan perempuan, buku
tulis, buku gambar, pensil, krayon
A. KEGIATAN PEMBUKA
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Menyanyi lagu Aku
3.
Berdiskusi tentang aku
ciptaan Tuhan
4.
Mengamati seorang anak
5.
Berdiskusi tentang
identitas anak yang ada di depan
6.
Berdiskusi cara
menyayangi diri sendiri
7.
Mengenalkan kegiatan dan
aturan yang digunakan bermain
B. KEGIATAN INTI
1.
Mewarnai gambar anak
laki-laki / perempuan
2.
Menghitung teman yang
laki-laki dan yang perempuan lalu ditulis sesuai angka
3.
Meniru menulis namanya
sendiri sesuai kartu nama
4.
Menggambar bebas dengan
krayon
C. RECALLING
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. KEGIATAN PENUTUP
1.
Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.
Berdiskusi kegiatan apa
saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Bercerita pendek yang
berisi pesan-pesan
4.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan
dan ketrampilan
a. Menunjukkan
diri anak
b. Menyebutkan
identitas diri dengan lengkap
c. Dapat
menyayangi dirinya sendiri
d. Dapat
mewarnai gambar dengan rapi
e. Dapat
menghitung teman sesuai jenis kelamin
f. Dapat
menggambar anak sesuai jenis kelamin
g. Dapat
meniru menulis namanya sendiri
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelompok
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
Semester/Minggu/Hari ke : 1 / 1 / 2
Hari, tanggal :………………, ………………………
Kelompok usia :5
– 6 Tahun
Tema / subtema/ sub
subtema : Diriku /Identitas
Diri / Jenis Kelamin
Kompetensi Dasar (KD) : 1.1 – 1.2 – 2.1 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.10 – 4.10–
3.12 – 4.12
Materi
Kegiatan : - Aku ciptaan Tuhan
-Menyayangi diri sendiri
-Menjaga
kebersihan diri
-Mengurus
diri sendiri
-Menyanyi
lagu Aku
-Identitas
diri dengan lengkap
-Menggerakkan
jari-jari tangan
Materi
Pembiasaan :-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP
penyambutan dan penjemputan
- Doa sebelum belajar dan mengenal aturan
masuk ke dalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk
dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan :Gambar anak laki-laki dan perempuan, pensil,
plastisin
A. KEGIATAN PEMBUKA
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Menyanyi lagu Aku
3.
Berdiskusi tentang aku
ciptaan Tuhan
4.
Mengamati seorang anak
5.
Berdiskusi tentang
ciri-ciri anak yang ada di depan
6.
Berdiskusi cara
menyayangi diri sendiri
7.
Berdiskusi cara mengurus
diri sendiri
8.
Mengenalkan kegiatan dan
aturan yang digunakan bermain
B. KEGIATAN INTI
1.
Mengelompokkan gambar
anak sesuai jenis kelamin
2.
Memberi tanda pada
gambar perbedaan anak laki-laki dan perempuan
3.
Membuat bentuk orang
dengan plastisin
4.
Menebali suku kata awal
sama dari nama temannya
C. RECALLING
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. KEGIATAN PENUTUP
1.
Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.
Berdiskusi kegiatan apa
saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Bercerita pendek yang
berisi pesan-pesan
4.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
a. Menyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan
dan ketrampilan
a. Menunjukkan
diri anak
b. Menyebutkan identitas diri dengan lengkap
c. Dapat
membedakan anak laki-laki dan anak perempuan
d. Dapat
membentuk dengan plstisin
e. Dapat
menebali suku kata awal sama dari nama temanya
f. Dapat
mengelompokkan gambar sesuai jenis kelamin
g. Dapat
meniru menulis nama temannya
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelompok
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
Semester/Minggu/Hari ke : 1 / 1 / 3
Hari, tanggal :………………,
………………………
Kelompok usia :5
– 6 Tahun
Tema / subtema / sub subtema : Diriku /Identitas Diri / Mengurus Diri Sendiri
Kompetensi Dasar (KD) : 1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.2 – 4.2 – 3.3 – 4.3– 3.12
– 4.12 – 3.14 – 4.13
Materi
Kegiatan : - Aku ciptaan Tuhan
-Menjaga kebersihan diri
-Berani
tampil di depan umum
-Memberi
dan membalas salam
-Fungsi
identitas diri
-Hobiku
-Menggerakkan
jari-jari tangan
Materi
Pembiasaan :-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP
penyambutan dan penjemputan
- Doa sebelum belajar dan mengenal aturan
masuk ke dalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk
dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan :Gambar anak laki-laki dan perempuan, gambar
mainan kesukaan, gunting
A. KEGIATAN PEMBUKA
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Menyanyi lagu mandi
3.
Berdiskusi tentang aku
ciptaan Tuhan
4.
Berdiskusi tentang
menjaga kebersihan dirii
5.
Berdiskusi memberi dan
membalas salam
6.
Berdiskusi tentang hobiku
7.
Mengenalkan kegiatan dan
aturan yang digunakan bermain
B. KEGIATAN INTI
1.
Bercerita tentang cara
mengurus diri sendiri
2.
Menggunting gambar
mainan kesukaan
3.
Membuat urutan bilangan
pada gambar mainan kesukaan
4.
Membiasakan anak memberi
dan membalas salam yang baik
C. RECALLING
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. KEGIATAN PENUTUP
1.
Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.
Berdiskusi kegiatan apa
saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Bercerita pendek yang berisi
pesan-pesan
4.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan
dan ketrampilan
a. Berani
tampil di depan temannya
b. Menyebutkan identitas diri dengan lengkap
c. Dapat
memberi dan membalas salam yang baik
d. Dapat
menggunting gambar dengan rapi
e. Dapat
menceritakan dan mengurutkan cara mandi yang benar
f.
Dapat membuat urutan bilangan dengan benar
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelompok
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
Semester/Minggu/Hari ke : 1 / 1 /4
Hari, tanggal :………………,
………………………
Kelompok usia :5
– 6 Tahun
Tema / subtema / sub subtema : Diriku /Identitas Diri / Usia
Kompetensi Dasar (KD) : 1.1 – 1.2 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 – 4.11–
3.12 – 14.12 – 3.14 – 4.14
Materi
Kegiatan : - Aku ciptaan Tuhan
-Menyayangi diri sendiri
-Berani
tampil di depan umum
-Fungsi
identitas diri
-Pengenalan
expresi wajah
-Hobiku
-Menggerakkan
jari-jari tangan
Materi
Pembiasaan :-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP
penyambutan dan penjemputan
- Doa sebelum belajar dan mengenal aturan
masuk ke dalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam
SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan :Kue ulang tahun kecil, pensil, buku tulis
A. KEGIATAN PEMBUKA
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Menyanyi lagu ulang
tahun
3.
Berdiskusi tentang aku
ciptaan Tuhan
4.
Berdiskusi tentang
identitas anak dengan lengkap (usia anak)
5.
Berdiskusi memberi dan
membalas salam
6.
Berdiskusi tentang
Hobiku
7.
Mengenalkan kegiatan dan
aturan yang digunakan bermain
B. KEGIATAN INTI
1.
Menghiasi kue ulang
tahun
2.
Bercerita tentang kata
ganti aku
3.
Memasangkan gambar
sesuai pasangannya
4.
Menulis angka sesuai
usia anak
C. RECALLING
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. KEGIATAN PENUTUP
1.
Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.
Berdiskusi kegiatan apa
saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Bercerita pendek yang
berisi pesan-pesan
4.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan
dan ketrampilan
a. Berani
tampil di depan temannya
b. Menyebutkan usia anak
c. Dapat
memberi dan mambalas salam
d. Dapat
memasangkan gambar sesuai pasangannya
e. Dapat
menghiasi kue ulang tahun
f.
Dapat menulis angka sesuai usianya sendiri
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelompok
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
Semester/Minggu/Hari ke : 1 / 1 /5
Hari, tanggal :………………,
………………………
Kelompok usia :5
– 6 Tahun
Tema / subtema / sub subtema : Diriku /Identitas Diri / Alamat
Kompetensi Dasar (KD) : 1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 – 4.11–
3.12 – 4.12 – 3.14 – 4.14
Materi
Kegiatan : - Aku ciptaan Tuhan
-Menjaga kebersihan diri
-Berani
tampil di depan umum
-Fungsi
identitas diri
-Pengenalan
expresi wajah
-Hobiku
-Menggerakkan
jari-jari tangan
Materi
Pembiasaan :-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP
penyambutan dan penjemputan
- Doa sebelum belajar dan mengenal aturan
masuk ke dalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk
dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan :Buku gambar, pensil, gunting
A. KEGIATAN PEMBUKA
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Berdiskusi tentang aku
ciptaan Tuhan
3.
Berdiskusi tentang
identitas anak (alamat rumah)
4.
Berdiskusi memberi dan
membalas salam
5.
Berdiskusi tentang hobiku
6.
Melompat dari kursi
7.
Mengenalkan kegiatan dan
aturan yang digunakan bermain
B. KEGIATAN INTI
1.
Membuat coretan bentuk
jalan dari rumah menuju ke sekolah
2.
Menyebutkan alamat rumah
di depan temannya
3.
Mengelompokkan huruf
vokal dari alamat rumah anak
4.
Membuatkartu nama
C. RECALLING
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. KEGIATAN PENUTUP
1.
Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.
Berdiskusi kegiatan apa
saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Bercerita pendek yang
berisi pesan-pesan
4.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan
dan ketrampilan
a. Berani
tampil menyebutkan alamat rumahnya di depan temannya
b. Menyebutkan
alamat rumah dengan lengkap
c. Dapat
menyebutkan huruf vokal
d. Dapat
membuat coretan jalan dari rumah menuju sekolah
e. Dapat
membuat bentuk papan nama alamat rumah
f. Dapat
melompat dari kursi
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelompok
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
Semester/Minggu/Hari ke : 1 / 1 /6
Hari, tanggal :………………,
………………………
Kelompok usia :5
– 6 Tahun
Tema / subtema / sub subtema : Diriku /Identitas Diri / Nama Ayah dan Ibu
Kompetensi Dasar (KD) : 1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 – 4.11–
3.12 – 14.12 – 3.14 – 4.14
Materi
Kegiatan : - Aku ciptaan Tuhan
-Mengurus diri sendiri
-Menyanyi
lagu
-Fungsi
identitas diri
-Pengenalan
expresi wajah
-Menggerakkan
jari-jari tangan
Materi
Pembiasaan :-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP
penyambutan dan penjemputan
- Doa sebelum belajar dan mengenal aturan
masuk ke dalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk
dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan :Buku tulis, pensil, bola
A. KEGIATAN PEMBUKA
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Menyanyi lagu “mama papa”
3.
Berdiskusi tentang aku
ciptaan Tuhan
4.
Berdiskusi tentang
identitas anak (nama ayah dan ibu)
5.
Berdiskusi tentang hobi
6.
Bermain sepak bola
7.
Mengenalkan kegiatan dan
aturan yang digunakan bermain
B. KEGIATAN INTI
1.
Bercerita tentang pengalaman
anak
2.
Menulis panggilan nama
ayah dan nama ibu
3.
Mengurutkan bilangan
4.
Membuat hadiah untuk ibu
(meronce kalung)
C. RECALLING
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. KEGIATAN PENUTUP
1.
Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.
Berdiskusi kegiatan apa
saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Bercerita pendek yang
berisi pesan-pesan
4.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
2. Pengetahuan
dan ketrampilan
a. Menulis
nama panggilan ayah dan ibu
b. Menyanyi
lagu mama dan papa
c. Menyebutkan
identitas anak dengan lengkap
d. Dapat
membuat hadiah untuk ibu (meronce kalung)
e. Dapat
mengurutkan bilangan
f. Dapat
bermain sepak bola
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelompok
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
Buat yang butuh RPP Mingguan silahkan klik link di bawah:
https://perangkatpembelajaransdijaping.blogspot.com/2018/10/rpp-mingguan-paud-tk-kurikulum-2013.html
Buat yang butuh PROTA atau PROSEM, Silahkan klik link di bawah:
https://perangkatpembelajaransdijaping.blogspot.com/2018/10/protah-dan-prosem-paud-tk-kurikulum-2013.html
https://perangkatpembelajaransdijaping.blogspot.com/2018/10/protah-dan-prosem-paud-tk-kurikulum-2013.html
Komentar
Posting Komentar