RPP HARIAN PAUD TK TEMA TUBUHKU

RPP TEMA TUBUHKU

Semester/Minggu/Hari ke  : 1 / 2 / 1
Hari, tanggal                                         :………………, ………………………
Kelompok usia                                     :5 – 6 Tahun
Tema / subtema/ sub subtema         : Diriku /Tubuhku / Anggota Tubuh
Kompetensi Dasar (KD)                     : 1.1 – 1.2 – 3.1 – 4.1 – 3.3 – 4.3– 3.12 – 14.12
Materi Kegiatan   : - Tubuhku ciptaan Tuhan
-Menyayangi anggota tubuh
-Menyanyi lagu
-Anggota tubuhku
-Nama-nama anggota tubuh
Materi Pembiasaan:-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
  - Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
  - Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
  - Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan    :APE balok, buku gambar, pensil

A. KEGIATAN PEMBUKA
1.       Penerapan SOP pembukaan
2.       Menyanyi lagu aku
3.       Berdiskusi tentang tubuhku ciptaan Tuhan
4.       Berdiskusi tentang anggota tubuh anak
5.       Berdiskusi tentang membersihkan anggota tubuh
6.       Berjalan di atas papan titian
7.       Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. KEGIATAN INTI
1.       Menyebutkan anggota tubuh
2.       Menulis nama-nama anggota tubuh
3.       Mengurutkan bilangan dengan benda-benda
4.       Menyusunkepingan geometri menjadi bentuk orang

C. RECALLING
1.       Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.       Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.       Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.       Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.       Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. KEGIATAN PENUTUP
1.       Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.       Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.       Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.       Menginformasikan kegiatan untuk besok
5.       Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
1.       Sikap
a.     Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b.     Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.       Pengetahuan dan ketrampilan
a.     Menyebutkan anggota tubuhnya
b.     Menulis nama-nama anggota tubuh
c.     Mengurutkan bilangan dengan benar
d.     Membuat bentuk orang dengan kepingan geometri
e.     Dapat berjalan di atas papan titian

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelompok


………………………………                                                                                ………………………………


Semester/Minggu/Hari ke  : 1 / 2 / 2
Hari, tanggal                                         :………………, ………………………
Kelompok usia                                     :5 – 6 Tahun
Tema / subtema/ sub subtema         : Diriku /Tubuhku / Ciri-Ciri Tubuh
Kompetensi Dasar (KD)                     : 1.1 – 2.1 – 3.2 – 4.2 – 3.6 – 4.6– 3.10 – 14.10
Materi Kegiatan   : - Tubuhku ciptaan Tuhan
  -Menjaga kebersihan tubuh
-Memberi dan membalas salam
-Perbedaan tubuh anak(anak kecil & orang dewasa)
-Ciri-ciri tubuh
Materi Pembiasaan   :-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
  - Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
  - Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
  - Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan    :Gambar anak dari ukuran besar-kecil, buku gambar, pensil, krayon

A. KEGIATAN PEMBUKA
1.       Penerapan SOP pembukaan
2.       Menyanyi lagu aku
3.       Berdiskusi tentang tubuhku ciptaan Tuhan
4.       Berdiskusi tentang ciri-ciri tubuh
5.       Berjalan dengan satu kaki
6.       Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. KEGIATAN INTI
1.       Membedakan ukuran tubuh anak dengan temannya
2.       Mengurutkan gambar anak dari ukuran kecil–besar
3.       Menggambar bentuk orang
4.       Menirukan 2-3 urutan kata

C. RECALLING
1.       Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.       Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.       Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.       Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.       Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. KEGIATAN PENUTUP
1.       Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.       Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.       Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.       Menginformasikan kegiatan untuk besok
5.       Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
1.       Sikap
a.     Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b.     Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.       Pengetahuan dan ketrampilan
a.     Menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
b.     Membedakan ciri-ciri tubuh  dengan temannya
c.     Menggambar bentuk orang dengan lengkap
d.     Dapat mengurutkan gambar anak dari ukuran kecil-besar
e.     Dapat berjalan dengan satu kaki
f.       Menirukan 2-3 urutan kata dengan benar

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelompok


………………………………                                                                                ………………………………


Semester/Minggu/Hari ke  : 1 / 2 / 3
Hari, tanggal                                         :………………, ………………………
Kelompok usia                                     :5 – 6 Tahun
Tema / subtema   / sub subtema       : Diriku /Tubuhku / Tangan
Kompetensi Dasar (KD)                     : 1.1 – 2.1 – 2.5 – 2.12 – 3.3 – 4.3 – 3.6 – 4.6– 3.11 – 14.11
Materi Kegiatan   : - Tubuhku ciptaan Tuhan
  -Menjaga kebersihan tubuh
-Berani tampil di depan umum
-Mau memberi dan memohon maaf
-Kegunaan anggota tubuh (tangan)
-Pengenalan expresi wajah
Materi Pembiasaan   :-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
  - Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
  - Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
  - Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan    :Gambar anak, buku gambar, pensil

A. KEGIATAN PEMBUKA
1.       Penerapan SOP pembukaan
2.       Berdiskusi tentang tubuhku ciptaan Tuhan
3.       Berdiskusi tentang cara membersihkan anggota tubuh (kuku)
4.       Bertepuk tangan dengan pola
5.       Berdiskusi tentang kegunaan anggota tubuh (tangan)
6.       Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. KEGIATAN INTI
1.       Membersihkan / memotong kuku
2.       Menghitung jumlah jari-jari tangan (menulis angka)
3.       Menjiplak jari-jari tangan
4.       Memberi tanda pada gambar anak yang mau memberi maaf & tidak

C. RECALLING
1.       Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.       Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.       Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.       Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.       Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. KEGIATAN PENUTUP
1.       Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.       Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.       Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.       Menginformasikan kegiatan untuk besok
5.       Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
1.       Sikap
a.     Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b.     Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.       Pengetahuan dan ketrampilan
a.     Dapat menyebutkan ciri–ciri tubuhnya
b.     Dapat membedakan ciri–ciri tubuh dengan temannya
c.     Dapat menjiplak jari–jari tangannya sendiri
d.     Dapat membedakan perilaku benar dan salah
e.     Dapat membersihkan kukunya sendiri

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelompok


………………………………                                                                                ………………………………


Semester/Minggu/Hari ke  : 1 / 2 /4
Hari, tanggal                                         :………………, ………………………
Kelompok usia                                     :5 – 6 Tahun
Tema / subtema   / sub subtema       : Diriku /Tubuhku / Rambut
Kompetensi Dasar (KD)                     : 1.1 – 2.1 – 2.5 – 2.12 – 3.3 – 4.3 – 3.6 – 4.6– 3.11 – 14.11
Materi Kegiatan   : - Tubuhku ciptaan Tuhan
  -Berani tampil di depan umum
-Mengurus diri sendiri
-Anggota tubuhku
-Menyisir rambut
Materi Pembiasaan   :-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
  - Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
  - Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
  - Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan    :Gambar pola pita sisir bando, sisir, kain perca, gunting, pensil

A. KEGIATAN PEMBUKA
1.       Penerapan SOP pembukaan
2.       Berdiskusi tentang tubuhku ciptaan Tuhan
3.       Berdiskusi tentang cara mengurus diri sendiri
4.       Berdiskusi tentang cara menyisir rambutnya
5.       Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. KEGIATAN INTI
1.       Menyisir rambutnya sendiri
2.       Kolase gambar baju dengan kain perca
3.       Menghubungkan gambar dengan tulisan
4.       Meneruskan pola: pita, sisir, bando

C. RECALLING
1.       Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.       Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.       Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.       Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.       Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. KEGIATAN PENUTUP
1.       Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.       Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.       Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.       Menginformasikan kegiatan untuk besok
5.       Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
1.       Sikap
a.     Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b.     Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.       Pengetahuan dan ketrampilan
a.     Dapat menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
b.     Dapat  menyisir rambutnya sendiri
c.     Dapat membuat gambar dengan tehnik kolase
d.     Dapat meneruskan pola sesuai gambar
e.     Dapat menghubungkan gambar dengan tulisan

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelompok


………………………………                                                                                ………………………………


Semester/Minggu/Hari ke  : 1 / 2 /5
Hari, tanggal                                         :………………, ………………………
Kelompok usia                                     :5 – 6 Tahun
Tema / subtema   / sub subtema       : Diriku /Tubuhku / Kaki
Kompetensi Dasar (KD)                     : 1.1 – 2.5 – 2.8 – 2.12 – 3.12 – 4.12 – 3.14 – 14.14
Materi Kegiatan   : - Tubuhku ciptaan Tuhan
  -Berani tampil di depan umum
-Mengurus diri sendiri
-Nama-nama anggota tubuh
-Memakai sepatu sendiri
Materi Pembiasaan   :-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
  - Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
  - Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
  - Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan    :Gambar sepatu atau sandal, gunting, bola

A. KEGIATAN PEMBUKA
1.       Penerapan SOP pembukaan
2.       Berdiskusi tentang tubuhku ciptaan Tuhan
3.       Berdiskusi tentang cara mengurus diri sendiri
4.       Berdiskusi tentang cara memakai sepatu
5.       Menendang bola masuk gawang
6.       Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. KEGIATAN INTI
1.       Melakukan 3-4 perintah
2.       Menggunting gambar sandal /sepatu
3.       Melengkapi suku kata pada gambar
4.       Menghitung dan memberi angka pada sandal / sepatu

C. RECALLING
1.       Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.       Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.       Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.       Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.       Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. KEGIATAN PENUTUP
1.       Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.       Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.       Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.       Menginformasikan kegiatan untuk besok
5.       Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
1.       Sikap
a.     Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b.     Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.       Pengetahuan dan ketrampilan
a.     Dapat menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
b.     Dapat  memakai sepatu sendiri
c.     Dapat menggunting gambar sepatu
d.     Dapat menghitung sandal / sepatu
e.     Dapat melengkapi suku kata dengan benar

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelompok


………………………………                                                                                ………………………………


Semester/Minggu/Hari ke  : 1 / 2 /6
Hari, tanggal                                         :………………, ………………………
Kelompok usia                                     :5 – 6 Tahun
Tema / subtema   / sub subtema       : Diriku /Tubuhku /Badanku
Kompetensi Dasar (KD)                     : 1.1 – 2.5 – 2.8. – 3.12 – 4.12 – 3.14 – 14.14
Materi Kegiatan   : - Tubuhku ciptaan Tuhan
  -Berani tampil di depan umum
-Mengurus diri sendiri
-Menngerakkan jari–jari tangan
-Memakai sepatu sendiri
Materi Pembiasaan   :-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
  - Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
  - Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
  - Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan    :Kertas, gambar topi, alat cocok

A. KEGIATAN PEMBUKA
1.       Penerapan SOP pembukaan
2.       Berdiskusi tentang tubuhku ciptaan Tuhan
3.       Berdiskusi tentang cara mengurus diri sendiri
4.       Menjawab pertanyaan tentang cara merawat tubuh
5.       Menyanyi sambil bersenandung
6.       Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. KEGIATAN INTI
1.       Mengurutkan bilangan dengan benda benda
2.       Membuat topi dari kertas
3.       Bercerita tentang gambar yang disediakan guru
4.       Mencocok bentuk topi

C. RECALLING
1.       Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.       Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.       Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.       Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.       Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. KEGIATAN PENUTUP
1.       Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.       Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.       Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.       Menginformasikan kegiatan untuk besok
5.       Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
1.       Sikap
a.     Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b.     Menggunakan kat sopan pada saat bertanya
2.       Pengetahuan dan ketrampilan
a.     Dapat menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
b.     Dapat mengurutkan bilangan dengan benda- benda
c.     Dapat mencocok gambar dengan rapi
d.     Dapat menceritakan gambar dengan baik
e.     Dapat membuat topi sendiri

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelompok


………………………………                                                                                ………………………………


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAPPILAJARANG 5 ARU