RPP HARIAN PAUD TK TEMA TUBUHKU
RPP TEMA TUBUHKU
Semester/Minggu/Hari ke : 1 / 2 / 1
Hari, tanggal :………………, ………………………
Kelompok usia :5 – 6
Tahun
Tema / subtema/ sub
subtema : Diriku /Tubuhku
/ Anggota Tubuh
Kompetensi Dasar (KD) : 1.1 – 1.2 – 3.1 – 4.1 – 3.3 – 4.3– 3.12 – 14.12
Materi
Kegiatan : - Tubuhku ciptaan Tuhan
-Menyayangi
anggota tubuh
-Menyanyi
lagu
-Anggota
tubuhku
-Nama-nama
anggota tubuh
Materi
Pembiasaan:-Bersyukur
sebagai ciptaan Tuhan
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP
penyambutan dan penjemputan
- Doa sebelum belajar dan mengenal aturan
masuk ke dalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk
dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan :APE balok, buku gambar, pensil
A. KEGIATAN PEMBUKA
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Menyanyi lagu aku
3.
Berdiskusi tentang
tubuhku ciptaan Tuhan
4.
Berdiskusi tentang
anggota tubuh anak
5.
Berdiskusi tentang
membersihkan anggota tubuh
6.
Berjalan di atas papan
titian
7.
Mengenalkan kegiatan dan
aturan yang digunakan bermain
B. KEGIATAN INTI
1.
Menyebutkan anggota
tubuh
2.
Menulis nama-nama
anggota tubuh
3.
Mengurutkan bilangan
dengan benda-benda
4.
Menyusunkepingan
geometri menjadi bentuk orang
C. RECALLING
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. KEGIATAN PENUTUP
1.
Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.
Berdiskusi kegiatan apa
saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Bercerita pendek yang
berisi pesan-pesan
4.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan
dan ketrampilan
a. Menyebutkan
anggota tubuhnya
b. Menulis nama-nama anggota tubuh
c. Mengurutkan
bilangan dengan benar
d. Membuat
bentuk orang dengan kepingan geometri
e. Dapat
berjalan di atas papan titian
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelompok
……………………………… ………………………………
Semester/Minggu/Hari ke : 1 / 2 / 2
Hari, tanggal :………………,
………………………
Kelompok usia :5
– 6 Tahun
Tema / subtema/ sub
subtema : Diriku /Tubuhku
/ Ciri-Ciri Tubuh
Kompetensi Dasar (KD) : 1.1 – 2.1 – 3.2 – 4.2 – 3.6 – 4.6– 3.10 – 14.10
Materi
Kegiatan : - Tubuhku ciptaan Tuhan
-Menjaga kebersihan tubuh
-Memberi
dan membalas salam
-Perbedaan
tubuh anak(anak kecil & orang dewasa)
-Ciri-ciri
tubuh
Materi
Pembiasaan :-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP
penyambutan dan penjemputan
- Doa sebelum belajar dan mengenal aturan
masuk ke dalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk
dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan :Gambar anak dari ukuran besar-kecil, buku
gambar, pensil, krayon
A. KEGIATAN PEMBUKA
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Menyanyi lagu aku
3.
Berdiskusi tentang
tubuhku ciptaan Tuhan
4.
Berdiskusi tentang
ciri-ciri tubuh
5.
Berjalan dengan satu
kaki
6.
Mengenalkan kegiatan dan
aturan yang digunakan bermain
B. KEGIATAN INTI
1.
Membedakan ukuran tubuh
anak dengan temannya
2.
Mengurutkan gambar anak
dari ukuran kecil–besar
3.
Menggambar bentuk orang
4.
Menirukan 2-3 urutan
kata
C. RECALLING
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. KEGIATAN PENUTUP
1.
Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.
Berdiskusi kegiatan apa
saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Bercerita pendek yang
berisi pesan-pesan
4.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan
dan ketrampilan
a. Menyebutkan
ciri-ciri tubuhnya
b. Membedakan ciri-ciri tubuh
dengan temannya
c. Menggambar
bentuk orang dengan lengkap
d. Dapat
mengurutkan gambar anak dari ukuran kecil-besar
e. Dapat
berjalan dengan satu kaki
f.
Menirukan 2-3 urutan kata dengan benar
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelompok
……………………………… ………………………………
Semester/Minggu/Hari ke : 1 / 2 / 3
Hari, tanggal :………………,
………………………
Kelompok usia :5
– 6 Tahun
Tema / subtema / sub subtema : Diriku /Tubuhku / Tangan
Kompetensi Dasar (KD) : 1.1 – 2.1 – 2.5 – 2.12 – 3.3 – 4.3 – 3.6 – 4.6–
3.11 – 14.11
Materi
Kegiatan : - Tubuhku ciptaan Tuhan
-Menjaga kebersihan tubuh
-Berani
tampil di depan umum
-Mau
memberi dan memohon maaf
-Kegunaan
anggota tubuh (tangan)
-Pengenalan
expresi wajah
Materi
Pembiasaan :-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP
penyambutan dan penjemputan
- Doa sebelum belajar dan mengenal aturan
masuk ke dalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk
dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan :Gambar anak, buku gambar, pensil
A. KEGIATAN PEMBUKA
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Berdiskusi tentang
tubuhku ciptaan Tuhan
3.
Berdiskusi tentang cara
membersihkan anggota tubuh (kuku)
4.
Bertepuk tangan dengan
pola
5.
Berdiskusi tentang
kegunaan anggota tubuh (tangan)
6.
Mengenalkan kegiatan dan
aturan yang digunakan bermain
B. KEGIATAN INTI
1.
Membersihkan / memotong
kuku
2.
Menghitung jumlah
jari-jari tangan (menulis angka)
3.
Menjiplak jari-jari
tangan
4.
Memberi tanda pada
gambar anak yang mau memberi maaf & tidak
C. RECALLING
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. KEGIATAN PENUTUP
1.
Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.
Berdiskusi kegiatan apa
saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Bercerita pendek yang
berisi pesan-pesan
4.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan
dan ketrampilan
a. Dapat
menyebutkan ciri–ciri tubuhnya
b. Dapat membedakan ciri–ciri tubuh dengan temannya
c. Dapat
menjiplak jari–jari tangannya sendiri
d. Dapat
membedakan perilaku benar dan salah
e. Dapat
membersihkan kukunya sendiri
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelompok
……………………………… ………………………………
Semester/Minggu/Hari ke : 1 / 2 /4
Hari, tanggal :………………,
………………………
Kelompok usia :5
– 6 Tahun
Tema / subtema / sub subtema : Diriku /Tubuhku / Rambut
Kompetensi Dasar (KD) : 1.1 – 2.1 – 2.5 – 2.12 – 3.3 – 4.3 – 3.6 – 4.6–
3.11 – 14.11
Materi
Kegiatan : - Tubuhku ciptaan Tuhan
-Berani tampil di depan umum
-Mengurus
diri sendiri
-Anggota
tubuhku
-Menyisir
rambut
Materi
Pembiasaan :-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP
penyambutan dan penjemputan
- Doa sebelum belajar dan mengenal aturan
masuk ke dalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk
dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan :Gambar pola pita sisir bando, sisir, kain
perca, gunting, pensil
A. KEGIATAN PEMBUKA
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Berdiskusi tentang
tubuhku ciptaan Tuhan
3.
Berdiskusi tentang cara
mengurus diri sendiri
4.
Berdiskusi tentang cara
menyisir rambutnya
5.
Mengenalkan kegiatan dan
aturan yang digunakan bermain
B. KEGIATAN INTI
1.
Menyisir rambutnya
sendiri
2.
Kolase gambar baju
dengan kain perca
3.
Menghubungkan gambar
dengan tulisan
4.
Meneruskan pola: pita,
sisir, bando
C. RECALLING
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. KEGIATAN PENUTUP
1.
Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.
Berdiskusi kegiatan apa
saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Bercerita pendek yang
berisi pesan-pesan
4.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan
dan ketrampilan
a. Dapat
menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
b. Dapat menyisir
rambutnya sendiri
c. Dapat
membuat gambar dengan tehnik kolase
d. Dapat
meneruskan pola sesuai gambar
e. Dapat
menghubungkan gambar dengan tulisan
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelompok
……………………………… ………………………………
Semester/Minggu/Hari ke : 1 / 2 /5
Hari, tanggal :………………,
………………………
Kelompok usia :5
– 6 Tahun
Tema / subtema / sub subtema : Diriku /Tubuhku / Kaki
Kompetensi Dasar (KD) : 1.1 – 2.5 – 2.8 – 2.12 – 3.12 – 4.12 – 3.14 –
14.14
Materi
Kegiatan : - Tubuhku ciptaan Tuhan
-Berani tampil di depan umum
-Mengurus
diri sendiri
-Nama-nama
anggota tubuh
-Memakai
sepatu sendiri
Materi
Pembiasaan :-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP
penyambutan dan penjemputan
- Doa sebelum belajar dan mengenal aturan
masuk ke dalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk
dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan :Gambar sepatu atau sandal, gunting, bola
A. KEGIATAN PEMBUKA
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Berdiskusi tentang
tubuhku ciptaan Tuhan
3.
Berdiskusi tentang cara
mengurus diri sendiri
4.
Berdiskusi tentang cara
memakai sepatu
5.
Menendang bola masuk
gawang
6.
Mengenalkan kegiatan dan
aturan yang digunakan bermain
B. KEGIATAN INTI
1.
Melakukan 3-4 perintah
2.
Menggunting gambar
sandal /sepatu
3.
Melengkapi suku kata
pada gambar
4.
Menghitung dan memberi
angka pada sandal / sepatu
C. RECALLING
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. KEGIATAN PENUTUP
1.
Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.
Berdiskusi kegiatan apa
saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Bercerita pendek yang
berisi pesan-pesan
4.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan
dan ketrampilan
a. Dapat
menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
b. Dapat memakai sepatu sendiri
c. Dapat
menggunting gambar sepatu
d. Dapat
menghitung sandal / sepatu
e. Dapat
melengkapi suku kata dengan benar
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelompok
……………………………… ………………………………
Semester/Minggu/Hari ke : 1 / 2 /6
Hari, tanggal :………………,
………………………
Kelompok usia :5
– 6 Tahun
Tema / subtema / sub subtema : Diriku /Tubuhku /Badanku
Kompetensi Dasar (KD) : 1.1 – 2.5 – 2.8. – 3.12 – 4.12 – 3.14 – 14.14
Materi
Kegiatan : - Tubuhku ciptaan Tuhan
-Berani tampil di depan umum
-Mengurus
diri sendiri
-Menngerakkan
jari–jari tangan
-Memakai
sepatu sendiri
Materi
Pembiasaan :-Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
- Mengucapkan salam masuk dalam SOP
penyambutan dan penjemputan
- Doa sebelum belajar dan mengenal aturan
masuk ke dalam SOP pembukaan
- Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk
dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan bahan :Kertas, gambar topi, alat cocok
A. KEGIATAN PEMBUKA
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Berdiskusi tentang
tubuhku ciptaan Tuhan
3.
Berdiskusi tentang cara
mengurus diri sendiri
4.
Menjawab pertanyaan
tentang cara merawat tubuh
5.
Menyanyi sambil
bersenandung
6.
Mengenalkan kegiatan dan
aturan yang digunakan bermain
B. KEGIATAN INTI
1.
Mengurutkan bilangan
dengan benda benda
2.
Membuat topi dari kertas
3.
Bercerita tentang gambar
yang disediakan guru
4.
Mencocok bentuk topi
C. RECALLING
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. KEGIATAN PENUTUP
1.
Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.
Berdiskusi kegiatan apa
saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Bercerita pendek yang
berisi pesan-pesan
4.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan
kat sopan pada saat bertanya
a. Dapat
menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
b. Dapat mengurutkan
bilangan dengan benda- benda
c. Dapat
mencocok gambar dengan rapi
d. Dapat
menceritakan gambar dengan baik
e. Dapat
membuat topi sendiri
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelompok
……………………………… ………………………………
Komentar
Posting Komentar