SILABUS KELAS 6 SD KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU

SILABUS KELAS 6 SD REVISI TERBARU KURTILAS
Silahkan dijadikan bahan referensi...

SILABUS

Nama Sekolah             : SD Inpres Japing
Kelas / Semester          : VI / 1
Tema 1                        : Selamatkan Makhluk Hidup
Tahun Pelajaran           : 2018/2019

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
SUB TEMA 1 PB 1


Bahasa Indonesia


3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yangdiperkuat oleh bukti.
    Menemukan informasi dan ide pokok dari teks laporan dan mengisi peta pikiran yang sediakan. Mengembangkan informasi dan ide pokok dalam bentuk tulisan.
.

§  Membaca teks tentang tanamanjagung.
§  Mengisi diagram berdasarkan bacaan.
§  Mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknyadan memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawabantersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram denganmenggunakan kosakata baku
IPS


3.1Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
  Menemukan persamaan dan perbedaan karakteristik dua Negara ASEAN terkait kondisi sosial budaya
§   Membaca fakta tentang ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
§   Menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan sosial budayanya. Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN. Collaboration
§   Memberikan penguatan tentang kehidupan sosial budaya Negara ASEAN.

IPA


3.1Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
4.1Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan.
  Mengamati tanaman dengan perkembangbiakan generative dan manfaatnya
§   Mengamati gambar bagian-bagian reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif.
§   Mengamati proses perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.
§   Mengamati bagian–bagian bunga sempurna.
§   Mencari informasi dari berbagai sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.
§   Menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru. Critical Thinking and Problem Solving
SUB TEMA 1 PB 2


PPKn


1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilaiPancasila dalam kehidupan sehari-hari.
    Mengidentifikasi sikap yang mencerminkan sila ke-1 dan ke-2 serta menyebutkan langkah perbaikan atas sikap yang belum mencerminkan sikap dari kedua sila.

§  Mendiskusikan pengamalan nilai Pancasila. Nasionalis
§  Mengamati gambar dan mencocokkannya dengan nilai-nilai yang diminta. Guru memberi waktu sekitar 2 menit dan mendiskusikannya.
§  Menemukan contoh pengamalan sila kesatu dan kedua dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya. Mandiri

SBdP


3.4 Memahami patung.
4.4 Membuat patung.
§  Mendiskusikan patung nusantara, membuat adonan mainan, dan mencobanya untuk membuat bentuk patung.
§  Menyampaikan  hasil karya seni rupa dari gerabah dibuat dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah patung Nusantara dari tanah liat.
§  Mengamati kerajinan patung tanah liat Nusantara dari Kasongan, Yogyakarta.
§  Mengamati berbagai patung Nusantara dari tanah liat.
§  Membuat patung dari tanah liat yang disesuaikan dengan budaya daerah masing-masing. Mandiri.
SUB TEMA 1 PB 3


Bahasa Indonesia


3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
  Menemukan ide pokok, informasi, mencatatnya pada peta pikiran, dan mengembangkannya melalui tulisan.
§  Membaca teks dan menulis ide pokoknya dengan mengisi diagram.
§  Mendiskusikan hasilnya dengan teman kelompok dan membuat perbaikan.
IPA


3.1Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
4.1Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan.
    Mengamati tanaman di sekitar terkait perkembangbiakan vegetatif dan manfaatnya.
§  Menginformasikan kepada siswa bahwa mereka akan belajar tentang perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif. Communication
§  Memulai kegiatan dengan melakukan pengamatan gambar yang ada pada buku pelajaran dan melakukan diskusi setelahnya.
§  Mengamati tumbuhan di lingkungan sekolah.
§  Mengisi tabel pada buku dan menulis manfaat perkembangbiakan secara vegetatif.
SUB TEMA 1 PB 4


PPKn


1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
    Menemukan sikap yang mencerminkan sila ke-3 dan merefleksi sikap diri yang belum sesuai dengan sila tersebut dan usaha untuk memperbaikinya.







§   Menemukan contoh pengamalan sila ketiga dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya.
§   Mendiskusikan tentang pengamalan nilai Pancasila terkait sila ketiga.
BAHASA INDONESIA


3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1 Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
    Membuat kesimpulan dari teks yang dibaca
§   Membaca paragraf I dan membaca kesimpulan di buku. Guru mengajak siswa menemukan ciri-ciri kesimpulan yang baik.. Critical Thinking and Problem Solving.
§   Melanjutkan kegiatan untuk paragraf kedua dengan kegiatan yang sama.
§   Membuat ciri-ciri kesimpulan yang baik.
§   Memberikan penguatan tentang apa yang dimaksud dengan kesimpulan yang baik.
SUB TEMA 1 PB 5


IPS


3.1Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
    Menambah informasi dua Negara ASEAN terkait kondisi geografis.

§   Meminta siswa untuk melanjutkan pekerjaan mereka terkait negara ASEAN.
§   Membaca informasi tentang kondisi geografis negara ASEAN.

SBdP


3.4 Memahami patung.
4.4 Membuat patung.
§  Berlatih keterampilan membuat patung dengan membuat bentuk dari adonan mainan.
§   Mengambil bahan patung dan melanjutkan membuat model patung sederhana dengan bahan yang ada.
§   Mengingatkan bahwa membuat patung dibutuhkan kelenturan tangan yang baik dan kesabaran serta kedisiplinan.
SUB TEMA 1 PB 6


PPKn


1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
2.1 Bersikap penuh tanggung jawab  sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
    Membuat cerita dan rencana penerapan sila ke-3.
§   Menulis rencana penerapan sila Persatuan Indonesia terkait dengan menjaga tumbuhan.
§   Menyampaikan hasilnya kepada teman kelompok dan setelah itu mereka menyampaikannya kepada guru.
Bahasa Indonesia


3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1 Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
  Membuat kesimpulan dari teks yang dibaca.
§   Membaca teks yang ada pada buku pelajaranMandiri
§   Mengumpulkan kesimpulan yang ada dan menuliskan kesimpulan secara utuhdengan menggunakan kosakata baku.

SUB TEMA 2 PB 1


Bahasa Indonesia


3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
  Mencatat ide pokok dari teks yang dibaca.
§   mendengarkan guru membaca teks laporan. Siswa harus menyimaknya dan mengisi diagram berikut. Communication
§   Mendiskusikan diagramnya dan memperbaiki jawabannya apabila perlukemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku. Collaboration

IPA


3.1Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
4.1Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan.
  Membandingkan perkembangbiakan hewan yang ada di negara ASEAN menggunakan diagram Venn.

§   Membaca teks tentang hewan-hewan yang hidup di negara ASEAN.
§   Menulis hewan yang ada di sekitar dan mengisi diagram Venn.
§   Menuliskan manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar dan ovipar.
IPS


3.1Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik   ASEAN.
  Menemukan persamaan dan perbedaan karakteristik dua Negara ASEAN terkait kehidupan ekonomi.
§   Membaca teks tentang kegiatan ekonomi di negara ASEAN.
§   Menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan ekonominya.
§   Memberikan penguatan tentang kehidupan ekonomi negara ASEAN.
§   Membandingkan negara-negara dari kehidupan ekonominya.
SUB TEMA 2 PB 2


PPKn


1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
    Mendiskusikan permasalahan terkait sila keempat dan menemukan contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari.

§   Mendiskusikan tentang pengamalan nilai Pancasila.
§   Menemukan contoh pengamalan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya.

SBdP


3.4 Memahami patung.
4.4 Membuat patung.
    Membuat contoh model patung
§  Mengamati patung tanah liat.
§  Menuliskan beberapa rencana model patung.
§  Memilih model patung dan membuatnya.
SUB TEMA 2 PB 3


Bahasa Indonesia


3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yangdiperkuat oleh bukti.
  Menemukan ide pokok, mencatatnya pada peta pikiran, dan mengembangkannya melalui tulisan.
§  mendengarkan guru membaca teks laporan. Siswa harus menyimaknya dan mengisi diagram.Communication
§  Mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu.Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku. Collaboration
IPA


3.1Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
4.1Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan.
  Menjelaskan cara perkembangbiakkan ovipar, vivipar, dan ovovivipar.
§  Menempel gambar tiga binatang dengan perkembangbiakan ovipar, vivipar, dan ovovivipar pada papan tulis.
§  Mendiskusikan ketiga binatang tersebut. Collaboration
§  Memberi informasi kepada siswa bahwa mereka akan belajar tentang perkembangbiakan hewan lainnya, yaitu ovovivipar.
§  Menulis manfaat perkembangbiakan secara ovipar, vivipar, dan ovovivipar.
SUB TEMA 2 PB 4


PPKn


1.1  Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
2.1  Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1     Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
       Mendiskusikan nilai-nilai terkait sila keempat dan merefleksikan sikap terkait sila tersebut.

§  Membaca teks bacaan dan menjawab pertanyaan serta mendiskusikannya dengan teman kelompoknya.
§  Menemukan contoh pengamalan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya.
§  Mendiskusikan tentang pengamalan nilai Pancasila terkait sila keempat.Nasionalis
Bahasa Indonesia


3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
    Menemukan ide pokok dari teks yang dibacakan dan membuat kesimpulannya.
§   Menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru membaca teks laporan.
§   Mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan ide pokok yang ada.
§   Membuat kesimpulan dengan menggunakan kosakata baku.
SUB TEMA 2 PB 5


IPS


3.1Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
  Menambah informasi dua Negara ASEAN terkait kehidupan ekonomi

§   Melanjutkan pekerjaan mereka terkait negara ASEAN.
§   Mengingatkan siswa untuk membaca informasi terlebih dahulu tentang kondisi geografis negara ASEAN terkait kehidupan ekonominya.
§   Memilih dua negara ASEANS dan menuliskan kehidupan ekonominya.
SBdP


3.4 Memahami patung.
4.4 Membuat patung.
  Melanjutan membuat patung dari adonan plastisin.
§   Mengambil model patung dan melanjutkan pengerjaannya.
§   Menjaga kebersihan dan mengembalikan pekerjaannya pada tempat semula.
SUB TEMA 2 PB 6


PPKn


1.1Bersyukur kepada Tuhan Yang  Maha Esa atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
2.1Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  Mendiskusikan nilai-nilai terkait sila kelima dan menemukan contoh sikap sesuai dengan sila tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
§   Menulis terkait dengan rencana penerapan sila kelima dalam kehidupan sehari-hari.
§   Menyampaikan hasilnya kepada teman kelompok.

Bahasa Indonesia


3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
  Membuat kesimpulan dari teks yang dibaca.
§   Membaca teks yang ada pada buku pelajaran.
§   Membacakan kesimpulan dan membahasnya. Siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki pekerjaannya.
§   Menuliskan kesimpulan secara utuhmenggunakan kosakata baku.
SUB TEMA 3 PB 1


Bahasa Indonesia


3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
  Membuat kesimpulan dari teks yang dibaca dengan menggunakan kosakata baku

§   Membaca teks tentang pelestarian hewan dan tumbuhan “Ayo Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia”.
§   Menuliskan ide pokok dari bacaan dan mendiskusikannya dengan teman di sebelah atau di kelompok.
§   Menulis kesimpulan dari apa yang dibaca dan didiskusikan menggunakan kosakata baku.
IPA


3.1Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
4.1Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan.
  Mendiskusikan pelestarian hewan.
§   Menyampaikan tentang hewan dan tumbuhan terkait perkembangbiakan, manfaat atau pelestariannya.
§   Mengamati gambar dan menjawab pertanyaannya.
§   Menulis informasi tentang hewan yang ada di sekitartentang pelestarian hewan.
IPS


3.1Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
  Membandingkan kondisi politik dari dua negara ASEAN.
§   Membaca teks tentang kehidupan politik dan kondisi geografis negara-negara ASEAN.
§   Menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan politiknya.
§   Memberikan penguatan tentang kehidupan politik negara ASEAN.
§   Membandingkan 2 negara ASEAN dari kehidupan politiknya.
SUB TEMA 3 PB 2


PPKn


1.1Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
2.1Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
    Menuliskan pendapat terkait penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

§   Menuliskan pendapatnya tentang penerapan sikap yang sesuai dengan sila Pancasila.
§   Mendiskusikan tentang pengamalan nilai Pancasila.
SBdP


3.4 Memahami patung.
4.4 Membuat patung.
       Mewarnai dan mendekorasi patung





§   Mengamati kerajinan patung tanah liat melalui gambar atau dalam bentuk asli.
§   Menggunakan peralatan yang dibawa dari rumah,dapat membuat motif dan mewarnai patungnya.
§   Mengingatkan siswa agar berhati-hati dalam pengerjaannya.
§   Mengecek proses pembuatan patung dan memberi motivasi
SUB TEMA 3 PB 3


Bahasa Indonesia


3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
  Membuat komentar pada kesimpulan teman.
§   menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan menilai kesimpulan teman dengan menggunakan ciri-ciri kesimpulan yang baik.Creativity and Innovation

IPA


3.1Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
4.1Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan.
  Membuat poster tentang melestarikan tanaman/hewan
§   Menyampaikan informasi akan membuat poster.
§   Mempelajari bagaimana membuat poster terutama membuat desain hewan atau tumbuhan.membuat poster tentang pelestarian hewan atau tumbuhan. Mandiri
§   Mengampanyekan pelestarian hewan atau mahluk hidup.
SUB TEMA 3 PB 4


PPKn


1.1Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
2.1Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
    Mendiskusikan sikap penerapan Pancasila dalam komik.

§   Membaca komik tentang peduli hewan/ tumbuhan kemudian menuliskan pendapatnya.
§   Menemukan contoh pengamalan sila Pancasila terkait menyayangi tumbuhan/hewan dalam bentuk komik.
§   Membuat cerita dan memikirkan gambar serta percakapan yang dibutuhkan untuk komiknya.
Bahasa Indonesia


3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
  Membuat kesimpulan dan memberi komentar terhadap kesimpulan teman.
§   Membaca teks dalam hati.
§   Membuat kesimpulan dan menukarkannya dengan teman sebelah.
§   Menilai kesimpulan teman.

SUB TEMA 3 PB 5


IPS


3.1Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
  Menulis informasi dua Negara ASEAN terkait kehidupan social budaya, ekonomi, dan politik.
§   Membaca teks tentang ASEAN.
§   Mengambil seluruh diagram Venn yang berisi informasi tentang dua negara ASEAN dan memahaminya.
§   Membuat tulisan tentang dua negara ASEAN berdasarkan informasi yang telah dimilikinya.
SBdP


3.4 Memahami patung.
4.4 Membuat patung.
  Melanjukan menghias patung
§   Mengambil patung dan melanjutkan pengerjaannya.
§   Menjaga kebersihan dan menyimpan pekerjaannya pada tempat yang disediakan.
SUB TEMA 3 PB 6


PPKn


1.1Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
2.1Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  Membuat komik terkait pelaksanaan sila Pancasila
§   Menginformasikan kepada siswa untuk menyelesaikannya komik.
§   Membuat cerita dan memikirkan gambar serta percakapan yang dibutuhkan untuk komiknya.
Bahasa Indonesia


3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
  Membuat kesimpulan dari teks yang dibaca dan memberi komentar pada kesimpuan teman
§   Menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan menilai kesimpulan teman.
§   Membaca teks yang ada pada buku pelajaran.
§   Membuat kesimpulan dan menukarkannya dengan teman sebelah.Collaboration
§   Menilai kesimpulan teman.


           
Mengetahui,
Kepala UPT SDI Japing



Muh. Tahir, S.Pd
NIP. 19600821 198411 1 001

Japing, 16 Juli 2018
Guru Kelas VI



Miss, S.Pd
NIP. xxxx01


SILABUS


Nama Sekolah             : SD Inpres japing
Kelas / Semester          : VI / 1
Tema 2                        : Persatuan dalam Perbedaan
Tahun Pelajaran           : 2018/2019

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
SUB TEMA1 PB 1


Bahasa Indonesia


3.4Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
  Menemukan informasi penting dari teks dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dan menuliskannya pada peta pikiran.

§  Membaca teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan mengisi peta pikiran.
§  Mengembangkan informasi pada peta pikiran dalam bentuk tulisan.
IPA


3.3Mengalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber.
  Mengamati ciri tumbuhan dan habitatnya
§  Menyiapkan beberapa pos tersedia berbagai jenis tumbuhan atau gambar tumbuhan beserta informasi tentang cara tumbuhan tersebut beradaptasi.
§  Meminta siswa memilih satu jenis tanaman dan membuat catatan tentang ciri tanaman tersebut serta bagaimana tanaman tersebut beradaptasi.
§  Menulis laporan berdasarkan informasi pada peta pikiran.
§  mempresentasikan hasil temuan di depan kelas.
IPS


3.4Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.4Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
  Menuliskan makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari

§  Mengamatigambar tulisan asli dari teks proklamasi selama satu menit.
§  Melanjutkan kegiatan dengan membaca ulang teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan menuliskan maknanya bagi bangsa Indonesia.
§  Menuliskan tiga makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.
SUB TEMA 1 PB 2


PPKn


1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4 Menyajikan hasil telah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
    Menuliskan pengalaman hidup rukun dalam kehidupan di sekolah.

§  Menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini mereka akan belajar tentang bagaimana hidup rukun dengan semangat persatuan.
§  Mengamati gambar dan melanjutkannya dengan membaca teks dalam hati.
§  Menulispengalamannyatentang hidup rukun dalam persatuan
SBdP


3.3Memahami penampilan tari kreasi daerah.
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah.
  Menemukan pola lantai pada tari daerah dan mempraktikkannya.
§  Membaca teks tentang pola lantai tari daerah.
§  Menuliskan contoh tari daerah dan pola lantai tariannya.
§  Mempraktikkan salah satu pola lantai tarian yang dipilihnya dan setiap siswa menuliskan langkah pola lantai dan menggambarnya.
§  Mendiskusikan kembali tentang pola lantai tari daerah.
§  Mencatat gerakan pola lantai dengan menggunakan catatan anekdot.
SUB TEMA 1 PB 3


Bahasa Indonesia


3.4Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
  Menemukan informasi penting melalui unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta menuliskannya pada peta pikiran.
§   Membaca teks dan mengisi diagram.
§   Membacakan diagramnya di depan kelas dan memberikan masukan.
§   Mengembangkan peta pikirannya dan membacakannya di depan kelas.
IPA


3.3Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.3Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber.
  Mengamati tanaman di sekitar habitat dan cara melindungi diri
§   Menulis pertanyaan terkait tumbuhan/sayuran yang mereka lihat terkait habitatnya.
§   Menginformasikan bahwa akan belajar tentang ciri-ciri tumbuhan dan bagaimana mereka beradaptasi.
§   Mengamati tumbuhan di lingkungan sekolah, siswa mengisi diagram pada buku dan mendiskusikannya dalam kelompok.
SUB TEMA 1 PB 4


PPKn


1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.4 Memahami manfaat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kesejahteraan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4.4 Menceritakan manfaat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kesejahteraan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  Menemukan sikap yang mencerminkan rukun dalam perbedaan dan manfaatnya
§   Mengamati gambar dan menjawab pertanyaan.
§   Mendiskusikan kembali tentang pengamalan nilai persatuan dan kesatuan.
Bahasa Indonesia


3.4Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
  Menemukan informasi penting melalui unsure apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta menuliskannya pada peta pikiran. Mengembangkan peta pikiran dalam bentuk tulisan.
§   Membaca teks dan mengisi peta pikiran.
§   Menyampaikan peta pikirannya.
§   Membacakan peta pikirannya di depan kelas dan memberikan masukan.
§   Mengembangkan peta pikirannya dan membacakannya di depan kelas.
SUB TEMA 1 PB 5


IPS


3.4Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.4Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
  Menemukan makna proklamasi dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, di rumah, dan di sekitar.

§   Melakukan curah pendapat tentang pengalaman mewujudkan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.
§   Membaca teks terkait makna Proklamasi Kemerdekaan.
SBdP


3.3Memahami penampilan tari kreasi daerah.
4.3Menampilkan tari kreasi daerah.
  Menggambar pola lantai tari daerah dan mempraktikkannya
§   Membaca dan mengamati tarian daerah dan pola lantainya.
§   Mengisi tabel tentang tarian daerah dan menggambar pola lantainya.
§   Mendiskusikan langkah pola lantai dan mencoba berlatih.
§   Mempraktikan semua pola lantai dan memberi masukan.
SUB TEMA 1 PB 6


PPKn


1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4 Menyajikan hasil telah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
    Menemukan contoh hidup rukun dan membuat rencana mewujudkannya.
§   Menemukan contoh hidup rukun dan membuat rencana mewujudkannya.
Bahasa Indonesia


3.4Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosa kata baku dan kalimat efektif.
  Menemukan informasi penting melalui unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta menuliskannya pada peta pikiran. Mengembangkan peta pikiran dalam bentuk tulisan.
§   Membaca teks yang ada pada buku pelajaran.
§   Menemukan informasi penting dan mengisinya pada peta pikiran.
§   Menyampaikan peta pikirannya.
§   Mengembangkan peta pikirannya dan membacakannya di depan kelas.
SUB TEMA 2 PB 1


Bahasa Indonesia


3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
    Menulis peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan berdasarkan teks sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.

§   Membaca teks Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dalam hati.
§   Mengisi peta pikiran berdasarkan teks Pertempuran Surabaya.
§   Mendiskusikan peta pikiran yang telah mereka isi secara berpasangan.
§   Mengembangkan peta pikiran yang telah mereka buat menjadi sebuah tulisan baru menggunakan kata-kata sendiri.
§   Membuat tulisan menggunakan kata-kata sendiri tentang Pertempuran Surabaya berdasarkan peta pikiran yang  telah di buat menggunakan kalimat efektif.
IPA


3.3Mengalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber.
  Menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri habitat hewan melalui diagram.
§   Mencari tahu tentang ciri-ciri hewan dan habitatnya.
§   Mengamati gambar ayam, bebek, ikan, dan cecak yang terdapat dalam buku siswa.
§   Menuliskan hasil analisis mereka tentang hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya.
IPS


3.4Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.3Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
  Mempresentasikan contoh makna upaya mempertahankan kemerdekaan.
§   Membaca kembali teks tentang Pertempuran Surabaya.
§   Menuliskan makna yang dipetik dari upaya mempertahankan kemerdekaan dalam Pertempuran Surabaya.
§   Mencari informasi tentang perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan secara berkelompok.
SUB TEMA 2 PB 2


PPKn


1.4Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.4Menelaah persatuan dankesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4Menyajikan hasil telah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
  Menuliskan contoh tentang manfaat persatuan dan kesatuan

§   Menuliskan perbedaan yang mereka temukan dalam cerita Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama.
§   Menuliskan penjelasan bagaimana mereka menyikapi perbedaan yang ada dalam kehidupan mereka sehari-hari.
§   Menuliskan penjelasan tentang manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari.
SBdP


3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah.
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah
  Mempraktikkan pola lantai tari daerah.
§   Menuliskan berbagai pola lantai yang telah mereka ketahui ketika menari.
§   Menerapkan pola lantai tersebut dalam tari Indang yang berasal dari Sumatra Barat.
§   Mempraktikkan pola lantai dan gerakan tari Indang.
SUB TEMA 2 PB 3


Bahasa Indonesia


3.4Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
  Menyajikan peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan

§   Membaca teks tentang Pertempuran Ambarawa dalam hati.
§   Mengisi peta pikiran menggunakan kalimat efektif.
§   Menuliskan sikap yang dapat mereka pelajari dari para pahlawan yang berjuang di Ambarawa.
§   Menyampaikan bahwa untuk memenangkan pertempuran di Ambarawa diperlukan kerja sama, persatuan, dan taktik agar bisa menang. Communication
IPA


3.3.Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber.
  Menulis laporan tentang cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
§   Mempelajari bagaimana hewan beradaptasi dengan lingkungan.
§   Membaca teks tentang Hyena adalah Hewan Paling Pintar di Dunia dalam hati.
§   Membaca teks dan tentang adaptasi hewan, di antaranya kamuflase, mimikri, melepas bagian tubuh,Menggulungkan diri.
§   Menulis kesimpulan tentang adaptasi hewan menggunakan peta pikiran.
SUB TEMA 2 PB 4


PPKn


1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapannilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4 Menyajikan hasil telah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
  Menyajikan contoh manfaat persatuan dan kesatuan
§   Menuliskan makna persatuan dan kesatuan menurut pendapat mereka.
§   Menuliskan contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
§   Menuliskan manfaat dari persatuan dan kesatuan.
Bahasa Indonesia


3.4Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
  Menulis peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan berdasarkan teks sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan dengan menggunakan kalimat efektif.
§   Mengamati gambar dan membaca teks tentang Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem Roijen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB).
§   Melengkapi peta pikiran yang terdapat di buku siswa.
§   Mempresentasikan peta pikiran yang telah dibuat di depan kelas.
SUB TEMA 2 PB 5


IPS


3.4Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.4Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
  Mempresentasikan contoh tentang makna upaya mempertahankan Kemerdekaan
§   Mempelajari upaya-upaya yang telah dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan di berbagai wilayah di Indonesia dan  mencari informasi tentang berbagai peristiwa terkait upaya mempertahankan kemerdekaan di berbagai daerah.
§   Mempresentasikan peta pikiran yang telah dibuat secara berkelompok.
§   Menuliskan hasil refleksi tentang kerja sama yang telah mereka lakukan ketika mencari informasi dan melakukan presentasi bersama-sama.
SBdP


3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah..
  Mempraktikkan pola lantai tari daerah
§   Menarikan tari Indang.
§   Mempelajari lebih lanjut gerakan tari Indang berikutnya.
§   Mempraktikkan setiap gerakan.
SUB TEMA 2 PB 6


PPKn


1.4Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.4Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4Menyajikan hasil telah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
  Menyajikan contoh tentang manfaat persatuan dan kesatuan dalam masyarakat NKRI.
§   Menampilkan drama tentang persatuan dan kesatuan secara berkelompok. Gotong Royong

Bahasa Indonesia


3.4Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
         Menuliskan informasi penting tentang semangat persatuan dan Kesatuan tentang teks sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
§   Membaca teks tentang Bandung Lautan Api dalam hati.
§   Melengkapi peta pikiran berdasarkan teks dengan menggunakan kalimat efektif.
§   Mendiskusikan peta pikiran yang telah dibuat dalam kelompok.
SUB TEMA 3 PB 1


Bahasa Indonesia


3.4Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
         Menemukan informasi penting dari teks dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dan menuliskannya pada peta pikiran. Mengembangkan informasi dengan menggunakan kata baku dan kalimat efektif.

§   Mengamati teks proklamasi asli dan hasil ketikkan serta foto BM Diah selama satu menit.
§   Memikirkan kata baku yang terdapat pada bacaan dan menduga ciri-cirinya.
§   Membagikan buku EYD untuk satu kelompok dan meminta siswa untuk mengidentifikasi apakah ada kata pada bacaan yang tidak baku.
§   Mengembangkan informasi pada peta pikiran dalam bentuk tulisan dengan menggunakan kata baku dan kalimat efektif.
IPA


3.3.Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber.
         Menuliskan manfaat hewan dan tumbuhan terkait habitatnya

§   Membaca teks tentang manfaat beluntas dan keong serta manfaat tumbuhan dan hewan secara umum.
§   Mengamati dan mencatat habitat hewan dan tumbuhan serta manfaatnya.
§   Mengembangkan informasi pada tabel dalam bentuk laporan tertulis.
IPS


3.4Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupankebangsaan yang sejahtera.
4.4Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
  Menemukan manfaat proklamasi kemerdekaan terkait kesejahteraan rakyat
§   Menuliskan contoh upaya menjadi seorang pembelajar yang sukses dalam rangka menjadi warga yang sejahtera.
SUB TEMA 3 PB 2


PPKn


1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4 Menyajikan hasil telah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
         Menuliskan cerita tentang manfaat persatuan dan kesatuan

§   Menulis pengalamannya tentang manfaat persatuan.

SBdP


3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah.
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah.
         Mempraktikkan pola lantai tari daerah.
§   Membaca teks tentang tari Indang.
§   Mendiskusikan kembali tentang pola lantai tari Indang.
§   Mencatat gerakan pola lantai dengan menggunakan catatan pengamatan keterampilan.
SUB TEMA 3 PB 3


Bahasa Indonesia


3.4Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
         Menemukan informasi penting melalui aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dan menuliskannya pada peta pikiran dengan menggunakan kata baku dan kalimat efektif.
§   Membaca teks tentang Sang Saka Merah Putih dan mengisi peta pikiran.
§   Mengembangkan peta pikirannya dengan menggunakan kata baku dan membacakannya di depan kelas.
IPA


3.3.Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.3Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber.
         Membuat poster pelestarian hewan/ tumbuhan
§   Mengamati poster.
§   Memilih satu tumbuhan atau hewan terkait habitat dan manfaatnya.
§   Membuat poster sesuai kriteria yang disampaikan.
§   Menyampaikan posternya kepada teman kelompoknya dan diberikan masukan.
SUB TEMA 3 PB 4


PPKn


1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4 Menyajikan hasil telah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
         Menyajikan contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam bentuk buku mini
§   Membuat buku mini.
§   Menuliskan dan menggambar 4 contoh kegiatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.
§   Menuliskan dan menggambar 4 manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat.
§   Menyelesaikan buku mini yang telah dibuat.
Bahasa Indonesia


3.4Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
         Menulis peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan berdasarkan teks sejarah menggunakan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan dengan menggunakan kalimat efektif.
§   Mengamati gambar dan membaca teks tentang pentingnya persatuan dan kesatuan untuk menciptakan kesejahteraan umum.
§   Mempresentasikan peta pikiran yang telah mereka buat di depan kelas.
§   Menyampaikan bahwa persatuan dan kesatuan harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat agar tercipta masyarakat yang aman, nyaman, dan sejahtera. Communication
SUB TEMA 3 PB 5


IPS


3.4Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.4Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
  Menuliskan makna upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera di masa awal kemerdekaan Indonesia dalam bentuk diagram.

§   Menyampaikan bahwa salah satu semboyan bangsa Indonesia adalah ‘Bersatu Kita Teguh’. Communication
§   Membaca teks tentang makna upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera di masa awal kemerdekaan Indonesia.
§   Menuliskan informasi penting berdasarkan teks dalam bentuk bagan.
SBdP


3.3Memahami penampilan tari kreasi daerah.
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah.
         Mempraktikkan pola lantai tari daerah.
§   Menampilkan seluruh gerakan dan pola lantai tari Indang yang telah mereka pelajari.
SUB TEMA 3 PB 6


PPKn


1.4Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4Menampilkan sikap tanggungjawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.4 Menelah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
  Menulis cerita tentang contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam masyarakat NKRI.
§   Membuat buku mini tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat NKRI. Communication
§   Mendiskusikan buku yang dibaca.
Bahasa Indonesia


3.4Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
         Menuliskan informasi penting tentang semangat persatuan dan Kesatuan tentang teks sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
§   Membaca teks cerita yang ditulis siswa tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahtaraan rakyat.
§   Melengkapi peta pikiran berdasarkan teks cerita yang dibaca menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku.
§   Menuliskan komentar tentang penggunaan kalimat efektif dan kosakata baku dalam cerita tersebut beserta contoh.

Mengetahui,
Kepala UPT SDI Japing



Muh. Tahir, S.Pd
NIP. 19600821 198411 1 001

Japing, 16 Juli 2018
Guru Kelas VI



Missss, S.Pd
NIP. 1xxxxx 001

SILABUS

Nama Sekolah             : SD Inptres Japing
Kelas / Semester          : VI / 1
Tema 3                        : Tokoh dan Penemuan
Tahun Pelajaran           : 2018/2019
           
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
SUB TEMA 1 PB 1


Bahasa Indonesia


3.2Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
4.2Menyajikan hasil penggalianinformasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
  Menemukan informasi pada bacaan

§  Membaca senyap teks tentang penemu listrik yang terdapat di buku.
§  mendiskusikan jawaban dengan satu ataubeberapa orang teman di dekatnya. Siswa kemudian saling melengkapijawaban mereka untuk mendapatkan jawaban yang lengkap.
IPA


3.4Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
4.4Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel
  Mengidentifikasi komponen listrik
§  Mengamati gambar rangkaian seri pada lampu dan baterai di dalam senter
§  Menuliskan proses perjalanan arus listrik dari rangkaian seri berdasarkan hasil pengamatan pada senter.
§  Menggambarkan rangkaian seri baterai dan lampu.
IPS


3.2Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
4.2Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
    Mencari dan mengolah informasi hasil wawancara pengaruh listrik dalam kehidupan di lingkungan sekitar
§  Melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang pengaruh listrik terhadap perubahan kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia.
SUB TEMA 1 PB 2


PPKn


1.2Menghargai   makna   kewajiban,hak, dan tanggungjawab sebagai warga negaradalam menjalankan agama;
2.2Melaksanakan kewajiban,hak,dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air;
3.2Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
4.2Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
  Mendiskusikan contoh-contoh hak dalam kehidupan sehari-hari

§  Menuliskan manfaat listrik yang mereka temukan di sekitar mereka.
§  Menuliskan contoh-contoh hak dalam kehidupan sehari-hari yang ada di rumah, sekolah, dan di tengah masyarakat.
SBdP


3.2  Memahami interval nada
4.2  Memainkan interval nada melalui lagu dan alat musik
  Menyanyikan lagu ”MariamTomong” dengan interval nada yang tepat
§  Memperdengarkan lagu Mariam Tomong.
§  Menyampaikan bahwa ketika bernyanyi haruslah memperhatikan interval nada.
SUB TEMA 1 PB 3


Bahasa Indonesia


3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
4.2 Menyajikan secara lisan, tulis, dan visual hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
  Menemukan informasi pada bacaan

§  Membaca kembali cerita tentang “Listrik, Pengubah Dunia”.
§  Menuliskan kembali jawaban pada diagram yang tersedia dan menyesuaikan dengan urutan paragrafnya.

IPA


3.4Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
4.4Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel
  Membuat percobaan rangkaian listrik seri
§  Menggambar rencana rangkaian lampu seri yang akan dibuat berdasarkan rangkaian pada senter.
§  Merakit rangkaian serinya berdasarkan gambar yang telah dibuat.
§  Melakukan pengujian dengan melakukan instruksi yang terdapat di buku.
SUB TEMA 1 PB 4


PPKn


1.2Menghargai   makna   kewajiban,hak, dantanggung jawabsebagai warganegaradalam menjalankan agama;
2.2Melaksanakan kewajiban,hak,dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air;
3.2Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
4.2Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
  Merefleksi sikap diri dalam melaksanakan hak dengan tanggungjawab
§  Membaca teks tentang “Lampu Belajar Hadiah dari Ayah” yang ada di buku siswa.
§  Memberikan penguatan bahwa kita mempunyai hak untuk menggunakan barang-barang pemberian orang tua juga harus bertanggung jawab dalam menggunakan barang-barang tersebut.
§  Menjelaskan bagaimana menggunakan dan merawatnya. Siswa akan menilai apakah mereka sudah menggunakan haknya dengan tanggung jawab.  Siswa mengisi tabel yang ada di buku siswa
BAHASA INDONESIA


3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
4.2 Menyajikan secara lisan, tulis, dan visual hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
  Menemukan informasi dari teks “Thomas Alva Edision, Sang Penemu Bola Lampu Pijar”
§  Membaca teks tentang “Thomas Alva Edison, Sang Penemu Bola Lampu Pijar” yang ada di buku siswa.
§  Mempresentasikan hasil pekerjaannya kepada teman sebelahnya.
SUB TEMA 1 PB 5


IPS


3.2Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
4.2Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
  Mendiskusikan pengaruh perkembangan teknologi bagi kehidupan masyarakat

§  Menuliskan manfaat lampu dalam kehidupan sehari-hari.
§  Menuliskan perubahan masyarakat dari ditemukan alat-alat teknologi.
SBdP


3.2  Memahami interval nada

4.2  Memainkan interval nada melalui lagu    dan alat musik
  Menyanyikan lagu “ Mariam Tomong” dengan interval nada yang tepat
§  menyanyikan solmisasi lagu” Mariam Tomong” dengan interval nada yang tepat.
SUB TEMA 1 PB 6


PPKn


1.2Menghargai   makna   kewajiban,hak, dantanggung jawabsebagai warganegaradalam menjalankan agama;
2.2Melaksanakan kewajiban,hak,dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air;
3.2Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
4.2Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
  Menganalisis dan menyimpulkan studi kasus
§  Mengingat arti dari hak dan kewajiban.
§  Membaca senyap cerita pendek tentang seorang anak yang mendapatkan hak yang diberikan orang tuanya, dan sekaligus menjalankan kewajibannya dengan bertanggung jawab.
Bahasa Indonesia


3.2Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
4.2Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif


  Menemukan informasi pada bacaan

§  Membaca senyap teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan roda.
§  Menuliskan informasi penting dari teks tersebut berdasarkan ciri-ciri dan urutan paragraf dari teks eksplanasi ilmiah.
SUB TEMA 2 PB 1


Bahasa Indonesia


3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
       Menemukan informasi pada bacaan

§  Membaca senyap teks eksplanasi ilmiah tentang penemu televisi yang terdapat di buku. Communication
§  Menemukan informasi penting dari teks dan menuliskan pada diagram berdasarkan urutan paragrafnya.
IPA


3.4Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
4.4Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel
  Membuat gambar rancangan model rangkaian listrik paralel

§  Menyiapkan bahan dan alat yang telah dibawa dari rumah untuk membuat rangkaianlistrik sederhana.
§  Menggambar rancangan listrik paralel.
§  Membuat model rangkaian paralel berdasarkan rancangannya.
§  Menuliskan laporan hasil percobaan membuat rangkaian paralel. Creativity and Innovation
IPS


3.2Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
4.2Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
  Menemukan perubahan kehidupan masyarakat Indonesia akibat pengaruh perkembangan Iptek dan pendidikan
§  Menuliskan rencana ke depan untuk memiliki sikap lebih bertanggung jawab dalam menggunakan pesawat telivisi di rumah, sehingga akan memberikan manfaat positif bagi kehidupan mereka.
SUB TEMA 2 PB 2


PPKn


1.2Menghargai   makna   kewajiban,hak, dantanggung jawabsebagai warganegaradalam menjalankan agama;
2.2Melaksanakan kewajiban,hak,dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air;
3.2Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
4.2Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
  Mengidentifikasi kewajiban-kewajiban sebagai pelajar

§  Membaca teks tentang Siti dengan membaca dalam hati.
§  Mendiskusikan kembali tentang kewajiban datang ke sekolah dan mengumpulkan tugas dengan tepat waktu.
§  Menuliskan contoh-contoh kewajiban, arti kewajiban dan hal-hal yang harus dilakukan supaya dapat menjalankan kewajiban dengan baik.
SBdP


3.2 Memahami interval nada
4.2 Memainkan interval nada melalui lagu dan alat musik
  Menyanyikan lagu “Mariam Tomong” di depan kelas
§  Menyanyikan syair lagu “Mariam Tomong” dengan interval yang tepat.
§  Melakukan penilaian tentang kemampuan siswa bernyanyi dengan interval yang tepat.
SUB TEMA 2 PB 3


Bahasa Indonesia


3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
   Menemukan informasi penting pada bacaan

§  Membaca senyap teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan lampu lalu lintas dan manfaatnya dari teks berjudul “Si Paralel Penyelamat Jalan”.
§  Menuliskan jawaban pada diagram yang tersedia, sesuai dengan urutan paragraf pada teks eksplanasi ilmiah.
IPA


3.4Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
4.4Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel
  Percobaan membuat rangkaian listrik paralel
§  Menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat lampu lalu lintas sederhana yang telah mereka siapkan dari rumah.
§  Membuat model rangkaian paralel lampu lalu lintas.
§  Menuliskan laporan hasil percobaan membuat rangkaian lampu lalu lintas pada tabel yang tersedia.
SUB TEMA 2 PB 4


PPKn


1.2Menghargai   makna   kewajiban,hak, dantanggung jawabsebagai warganegaradalam menjalankan agama;
2.2Melaksanakan kewajiban,hak,dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air;
3.2Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
4.2Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
  Merefleksi diri terhadap pelaksanaan kewajiban sebagai pelajar
§  Menceritakan pengalamannya terlambat datang ke sekolah atau jika tidak pernah, terlambat melakukan suatu kegiatan.
§  Menuliskanpengalamannya.
§  Menguatkan bahwa datang tepat waktu ke sekolah adalah salah satu kewajiban kita sebagai pelajar.
§  Menuliskan contoh kewajiban pelajar dan dampaknya jika tidak melaksanakan dan melaksanakannya.
Bahasa Indonesia


3.2Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
4.2Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
     Mengidentifikasi kalimat efektif pada teks
§  mengidentifikasi kembali kalimat efektif yang ada pada teks “Si Kotak Ajaib dengan Banyak Manfaat”.
§  Menuliskan kembali teks eksplanasi tentang “Si Kotak Ajaib dengan Banyak Manfaat” dengan menggunakan kalimat efektif.
SUB TEMA 2 PB 5


IPS


3.2Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
4.2Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
     Mendiskusikan dampak penemuan komputer dalam bidang Iptek

§  Membaca teks tentang “Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya”.
§  Menuliskan penemuan komputer dalam bentuk peta pikiran.
§  Memberikan penguatan bahwa komputer membawa perubahan besar dalam hal pendidikan dan Iptek.
SBdP


3.2Memahami interval nada
4.2Memainkan interval nada melalui lagu dan alat musik
     Berlatih memainkan alat musik dengan nada yang tepat
§  Memastikan bahwa setiap siswa memegang alat musik yang bernada.
§  Mencontohkan cara memainkan nada-nada yang tidak berjarak.
SUB TEMA 2 PB 6


Bahasa Indonesia


3.2Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
4.2Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
     Menemukan informasi penting pada bacaan.

§   Membaca senyap teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan pensil dan manfaatnya dari teks berjudul “Si Kecil dengan Banyak Manfaat”.
§   Menuliskan jawaban pada diagram yang tersedia dan disesuaikan dengan urutan paragraf pada teks eksplanasi ilmiah.
PPKn


1.2Menghargai   makna   kewajiban,hak, dantanggung jawabsebagai warganegaradalam menjalankan agama;
2.2Melaksanakan kewajiban,hak,dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air;
3.2Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
4.2Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
    Melakukan diskusi dan menemukan contoh hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.
§  Membaca senyap cerita pendek yang sama tentang seorang anak yang diberikan hak oleh orang tuanya sekaligus menjalankan kewajibannya dengan bertanggung jawab.
§  Menganalisis dan mengidentifikasi kewajiban anak dalam cerita tersebut.
§  Menuliskan jawaban dalam peta pikiran yang tersedia.
SUB TEMA 3 PB 1


Bahasa Indonesia


3.2Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
4.2Menyajikan secara lisan, tulis, dan visual hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
    Menemukan kosa kata baku dalam teks eksplanasi ilmiah

§  Membaca senyap teks biografi BJ Habibie.
§  Membaca kembali teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan pensil di minggu sebelumnya.
§  Membaca informasi tentang kosakata baku dan non baku yang terdapat di buku sebagai bahan referensi. Critical Thinking and Problem Solving
§  Membuat kalimat dengan memperhatikan penggunaan kalimat efektif, menggunakan kosakata baku tersebut.
IPA


3.4Memahami komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana.
4.4Membuat rangkaian listrik sederhana secara seri dan parallel.
  Membandingkan rangkaian listrik seri dan paralel
§  Mengamati rangkaian listrik seri dan paralel.
§  Menuliskan persaman dan perbedaan kedua rangkaian tersebut dalam Diagram Venn yang tersedia di buku. Mandiri

IPS


3.2Memahami perubahan ocial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
4.2Menceritakan perubahan ocial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
    Menemukan perubahan kehidupan masyarakat Indonesia di bidang ekonomi, akibat pengaruh perkembangan teknologi transportasi
§  Mengamati gambar rangkaian proses distribusi dari suatu kegiatan ekonomi.
§  Menjawab pertanyaan yang akan menggiring pada pemahaman tentang peran teknologi transportasi terhadap perubahan kehidupan masyarakat.
§  Membuat tulisan tentang proses distribusi satu benda/makanan/ minuman yang biasa mereka beli di sekolah.
SUB TEMA 3 PB 2


PPKn


1.2Menghargai   makna   kewajiban,hak, dantanggung jawabsebagai warganegaradalam menjalankan agama;
1.2Melaksanakan kewajiban,hak,dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air;
3.2Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
4.2Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
    Mendiskusikan pelaksanaan hak dan kewajiban yang bertanggung jawab.

§  Mendiskusikan masalah yang diberikan. Siswa mengamati gambar dan mendiskusikan pertanyaan berdasarkan gambar.
§  Mendikusikan kesimpulan kita harus melaksanakan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab.
SBdP


3.2 Memahami interval nada
4.2 Memainkan interval nada melalui lagu dan alat musik
    Memainkan lagu “Mariam Tomong” dengan menggunakan alat musik.
§  Memainkan solmisasi lagu ”Mariam Tomong” dengan interval nada yang tepat.
§  Mencontohkan terlebih dahulu cara memainkan solmisasi lagu tersebut.
SUB TEMA 3 PB 3


Bahasa Indonesia


3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
  Menemukan kosakata baku dalam teks eksplanasi ilmiah.

§  Membaca senyap teks eksplanasi ilmiah tentang rangkaian campuran dalam kehidupan sehari-hari dari teks berjudul “Rangkaian Lampu di Kelasku”.
§  Mencermati teks eksplanasi tersebut untuk menemukan kosakata non baku dan kalimat tidak efektif yang terdapat di dalam teks.
§  Menemukan dan menuliskan informasi penting dari teks eklanasi tersebut sesuai dengan urutan paragrafnya dalam diagram peta pikiran yang tersedia. Mandiri
IPA


3.4Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
4.4Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel
 Menemukan fakta-fakta penggunaan rangkaian listrik seri dan paralel dalam kehidupan sehari-hari.
§  Menemukan fakta-fakta tentang penggunaan rangkaian listrik seri dan paralel dalam kehidupan seharihari.
§  Melakukan tugas pengamatan.
§  Memeriksa tulisan dan gambar hasil pengamatan siswa dan memastikan ketepatan tulisan.
SUB TEMA 3 PB 4


Bahasa Indonesia


3.2Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
4.2Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
    Mengidentifikasi kosa kata non baku dari teks yang dibaca

§  Membaca teks tentang “Rambu Lalu Lintas” dengan membaca dalam hati.
§  Mencari informasi dari kamus atau melakukan wawancara untuk menemukan kosakata baku.
§  Mengubah kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif.
§  Menceritakan isi teks tersebut dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
PPKn


1.2Menghargai   makna   kewajiban,hak, dantanggung jawabsebagai warganegaradalam menjalankan agama;
2.2Melaksanakan kewajiban,hak,dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air;
3.2Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
4.2Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
  Mendiskusikan tanggung jawab dalam melaksanakan kewajiban (mematuhi rambu-rambu lalu lintas)
§  Menuliskan pertanyaan tentang lampu lalu lintas terkait dengan tanggung jawab melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Mandiri
§  Mendiskusikan contoh sikap warga yang sudah menunaikan kewajiban sebagai warga yang baik di jalan raya.
§  Menceritakan pelaksanaan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab saat di jalan raya.
SUB TEMA 3 PB 5


IPS


3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.
    Mendiskusikan dampak perkembangan teknologi di bidang ekonomi.

§  Mendiskusikan dampak radio dalam bidang ekonomi.
§  Menemukan fakta-fakta tentang penemuan dan dampak penemuan dalam bidang ekonomi.
§  Menuliskan kesimpulan tentang dampak perubahan tersebut.
SBdP


3.2Memahami interval nada
4.2Memainkan interval nada melalui lagu dan alat musik
    Memainkan lagu “Mariam Tomong” dengan alat musik.
§  Memainkan lagu “Mariam Tomong” dengan alat musik
SUB TEMA 3 PB 6


Bahasa Indonesia


3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
    Menemukan kosakata baku dalam teks eksplanasi ilmiah

§  Mencermati teks biografi BJ Habibie.
§  Menjawab pertanyaan berdasarkan teks tersebut.
PPKn


1.2Menghargai   makna   kewajiban,hak, dantanggung jawabsebagai warganegaradalam menjalankan agama;
2.2Melaksanakan kewajiban,hak,dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air;
3.2Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
4.2Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
    Membuat poster tentang hak dan kewajiban dan mengampanyekannya
§  Menuliskan pengalaman diri melaksanakan sikap bertanggung jawab terhadap hak dan kewajiban.
§  Membuat poster dan gambar berseri dengan memperhatikan kriteria yang diberikan. Creativity and Innovation
§  Mempresentasikan poster dan gambar berseri mereka di sekolah.

Mengetahui,
Kepala UPT SDI Japing



Muh. Tahir, S.Pd
NIP. 19600821 198411 1 001

Japing, 16 Juli 201
Guru Kelas VI



Miss, S.Pd
NIP. 19xxxx 2 001





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAPPILAJARANG 5 ARU