SILABUS KELAS 6 SD KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU
SILABUS KELAS 6 SD REVISI TERBARU KURTILAS
Silahkan dijadikan bahan referensi...
Silahkan dijadikan bahan referensi...
SILABUS
Nama Sekolah : SD
Inpres Japing
Kelas / Semester :
VI / 1
Tema 1 :
Selamatkan Makhluk Hidup
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
SUB TEMA 1 PB 1
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan
teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan
tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yangdiperkuat oleh
bukti.
|
Menemukan
informasi dan ide pokok dari teks laporan dan mengisi peta pikiran yang
sediakan. Mengembangkan informasi dan ide pokok dalam bentuk tulisan.
.
|
§ Membaca teks
tentang tanamanjagung.
§ Mengisi diagram
berdasarkan bacaan.
§ Mendiskusikan diagramnya
dengan teman kelompoknyadan memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan
jawabantersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram
denganmenggunakan kosakata baku
|
IPS
|
||
3.1Mengidentifikasi karakteristik geografis dan
kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
|
Menemukan
persamaan dan perbedaan karakteristik dua Negara ASEAN terkait kondisi sosial
budaya
|
§ Membaca
fakta tentang ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
§ Menyampaikan
kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan sosial budayanya. Siswa kemudian
diminta untuk menyampaikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN. Collaboration
§ Memberikan
penguatan tentang kehidupan sosial budaya Negara ASEAN.
|
IPA
|
||
3.1Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan
hewan
4.1Menyajikan karya
tentang perkembangangbiakan tumbuhan.
|
Mengamati
tanaman dengan perkembangbiakan generative dan manfaatnya
|
§ Mengamati
gambar bagian-bagian reproduksi pada bunga dan membaca proses
perkembangbiakan generatif.
§ Mengamati
bagian–bagian bunga sempurna.
§ Mencari
informasi dari berbagai sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif
tumbuhan.
§
Menulis manfaat dari perkembangbiakan
generatif dan menyerahkannya kepada guru. Critical Thinking and Problem Solving
|
SUB TEMA 1 PB 2
|
||
PPKn
|
||
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari .
2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai
Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan
nilai-nilaiPancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mengidentifikasi
sikap yang mencerminkan sila ke-1 dan ke-2 serta menyebutkan langkah
perbaikan atas sikap yang belum mencerminkan sikap dari kedua sila.
|
§ Mendiskusikan pengamalan nilai Pancasila.
Nasionalis
§ Mengamati gambar dan mencocokkannya
dengan nilai-nilai yang diminta. Guru memberi waktu sekitar 2 menit dan
mendiskusikannya.
§ Menemukan contoh pengamalan sila kesatu
dan kedua dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya. Mandiri
|
SBdP
|
||
3.4 Memahami patung.
4.4 Membuat patung.
|
§ Mendiskusikan patung nusantara, membuat
adonan mainan, dan mencobanya untuk membuat bentuk patung.
|
§ Menyampaikan hasil karya seni rupa dari gerabah dibuat
dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah patung Nusantara dari tanah liat.
§ Mengamati kerajinan patung tanah liat
Nusantara dari Kasongan, Yogyakarta.
§ Mengamati berbagai patung Nusantara dari
tanah liat.
§ Membuat patung dari tanah liat yang
disesuaikan dengan budaya daerah masing-masing. Mandiri.
|
SUB TEMA 1 PB 3
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan
teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan
tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh
bukti.
|
Menemukan
ide pokok, informasi, mencatatnya pada peta pikiran, dan mengembangkannya
melalui tulisan.
|
§ Membaca teks dan menulis ide pokoknya
dengan mengisi diagram.
§ Mendiskusikan hasilnya dengan teman
kelompok dan membuat perbaikan.
|
IPA
|
||
3.1Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan
hewan.
4.1Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan
tumbuhan.
|
Mengamati
tanaman di sekitar terkait perkembangbiakan vegetatif dan manfaatnya.
|
§ Menginformasikan kepada siswa bahwa
mereka akan belajar tentang perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif. Communication
§ Memulai kegiatan dengan melakukan
pengamatan gambar yang ada pada buku pelajaran dan melakukan diskusi
setelahnya.
§ Mengamati tumbuhan di lingkungan sekolah.
§ Mengisi tabel pada buku dan menulis
manfaat perkembangbiakan secara vegetatif.
|
SUB TEMA 1 PB 4
|
||
PPKn
|
||
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari .
2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai
Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menemukan
sikap yang mencerminkan sila ke-3 dan merefleksi sikap diri yang belum sesuai
dengan sila tersebut dan usaha untuk memperbaikinya.
|
§ Menemukan contoh pengamalan sila ketiga
dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya.
§ Mendiskusikan tentang pengamalan nilai
Pancasila terkait sila ketiga.
|
BAHASA
INDONESIA
|
||
3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan
hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1 Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari
teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
|
Membuat
kesimpulan dari teks yang dibaca
|
§ Membaca paragraf I dan membaca kesimpulan
di buku. Guru mengajak siswa menemukan ciri-ciri kesimpulan yang baik.. Critical
Thinking and Problem Solving.
§ Melanjutkan kegiatan untuk paragraf kedua
dengan kegiatan yang sama.
§ Membuat ciri-ciri kesimpulan yang baik.
§ Memberikan penguatan tentang apa yang
dimaksud dengan kesimpulan yang baik.
|
SUB TEMA 1 PB 5
|
||
IPS
|
||
3.1Mengidentifikasi karakteristik
geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di
wilayah ASEAN.
|
Menambah
informasi dua Negara ASEAN terkait kondisi geografis.
|
§ Meminta siswa untuk melanjutkan pekerjaan
mereka terkait negara ASEAN.
§ Membaca informasi tentang kondisi
geografis negara ASEAN.
|
SBdP
|
||
3.4 Memahami patung.
4.4 Membuat patung.
|
§ Berlatih keterampilan membuat patung
dengan membuat bentuk dari adonan mainan.
|
§ Mengambil bahan patung dan melanjutkan
membuat model patung sederhana dengan bahan yang ada.
§ Mengingatkan bahwa membuat patung
dibutuhkan kelenturan tangan yang baik dan kesabaran serta kedisiplinan.
|
SUB TEMA 1 PB 6
|
||
PPKn
|
||
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari .
2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai
Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
Membuat
cerita dan rencana penerapan sila ke-3.
|
§ Menulis rencana penerapan sila Persatuan Indonesia
terkait dengan menjaga tumbuhan.
§ Menyampaikan hasilnya kepada teman
kelompok dan setelah itu mereka menyampaikannya kepada guru.
|
Bahasa Indonesia
|
||
3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan
teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1 Menyajikan simpulan secara lisan dan
tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh
bukti.
|
Membuat
kesimpulan dari teks yang dibaca.
|
§ Membaca teks yang ada pada buku pelajaranMandiri
§ Mengumpulkan kesimpulan yang ada dan menuliskan
kesimpulan secara utuhdengan menggunakan kosakata baku.
|
SUB TEMA 2 PB 1
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan
hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari
teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
|
Mencatat
ide pokok dari teks yang dibaca.
|
§ mendengarkan guru membaca teks laporan.
Siswa harus menyimaknya dan mengisi diagram berikut. Communication
§ Mendiskusikan diagramnya dan memperbaiki
jawabannya apabila perlukemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan
kosakata baku. Collaboration
|
IPA
|
||
3.1Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan
hewan.
4.1Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan
tumbuhan.
|
Membandingkan
perkembangbiakan hewan yang ada di negara ASEAN menggunakan diagram Venn.
|
§ Membaca teks tentang hewan-hewan yang
hidup di negara ASEAN.
§ Menulis hewan yang ada di sekitar dan mengisi
diagram Venn.
§ Menuliskan manfaat perkembangbiakan hewan
secara vivipar dan ovipar.
|
IPS
|
||
3.1Mengidentifikasi karakteristik geografis dan
kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik ASEAN.
|
Menemukan
persamaan dan perbedaan karakteristik dua Negara ASEAN terkait kehidupan
ekonomi.
|
§ Membaca teks tentang kegiatan ekonomi di
negara ASEAN.
§ Menyampaikan kondisi geografis negara
ASEAN dan kehidupan ekonominya.
§ Memberikan penguatan tentang kehidupan
ekonomi negara ASEAN.
§ Membandingkan negara-negara dari
kehidupan ekonominya.
|
SUB TEMA 2 PB 2
|
||
PPKn
|
||
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari .
2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai
Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mendiskusikan
permasalahan terkait sila keempat dan menemukan contoh sikap dalam kehidupan
sehari-hari.
|
§ Mendiskusikan tentang pengamalan nilai
Pancasila.
§ Menemukan contoh pengamalan sila keempat
dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya.
|
SBdP
|
||
3.4 Memahami patung.
4.4 Membuat patung.
|
Membuat contoh model
patung
|
§ Mengamati patung tanah liat.
§ Menuliskan beberapa rencana
model patung.
§ Memilih model patung dan
membuatnya.
|
SUB TEMA 2 PB 3
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan
hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari
teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yangdiperkuat oleh bukti.
|
Menemukan
ide pokok, mencatatnya pada peta pikiran, dan mengembangkannya melalui
tulisan.
|
§ mendengarkan guru membaca teks laporan.
Siswa harus menyimaknya dan mengisi diagram.Communication
§ Mendiskusikan diagramnya dengan teman
kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu.Berdasarkan jawaban
tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan
kosakata baku. Collaboration
|
IPA
|
||
3.1Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan
hewan.
4.1Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan
tumbuhan.
|
Menjelaskan
cara perkembangbiakkan ovipar, vivipar, dan ovovivipar.
|
§ Menempel gambar tiga binatang dengan
perkembangbiakan ovipar, vivipar, dan ovovivipar pada papan tulis.
§ Mendiskusikan ketiga binatang tersebut. Collaboration
§ Memberi informasi kepada siswa bahwa
mereka akan belajar tentang perkembangbiakan hewan lainnya, yaitu ovovivipar.
§ Menulis manfaat perkembangbiakan secara
ovipar, vivipar, dan ovovivipar.
|
SUB TEMA 2 PB 4
|
||
PPKn
|
||
1.1
Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilainilai Pancasila secara
utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
2.1
Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.
3.1
Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan
sehari-hari.
4.1 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mendiskusikan
nilai-nilai terkait sila keempat dan merefleksikan sikap terkait sila
tersebut.
|
§ Membaca teks bacaan dan menjawab
pertanyaan serta mendiskusikannya dengan teman kelompoknya.
§ Menemukan contoh pengamalan sila keempat
dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya.
§ Mendiskusikan tentang pengamalan nilai
Pancasila terkait sila keempat.Nasionalis
|
Bahasa
Indonesia
|
||
3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan
teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan
tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh
bukti.
|
Menemukan
ide pokok dari teks yang dibacakan dan membuat kesimpulannya.
|
§ Menyampaikan informasi kepada siswa bahwa
mereka akan mendengarkan guru membaca teks laporan.
§ Mendiskusikan diagramnya dengan teman
kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan ide pokok
yang ada.
§ Membuat kesimpulan dengan menggunakan
kosakata baku.
|
SUB TEMA 2 PB 5
|
||
IPS
|
||
3.1Mengidentifikasi karakteristik
geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di
wilayah ASEAN.
|
Menambah
informasi dua Negara ASEAN terkait kehidupan ekonomi
|
§ Melanjutkan pekerjaan mereka terkait
negara ASEAN.
§ Mengingatkan siswa untuk membaca
informasi terlebih dahulu tentang kondisi geografis negara ASEAN terkait
kehidupan ekonominya.
§ Memilih dua negara ASEANS dan menuliskan
kehidupan ekonominya.
|
SBdP
|
||
3.4 Memahami patung.
4.4 Membuat patung.
|
Melanjutan
membuat patung dari adonan plastisin.
|
§ Mengambil model patung dan melanjutkan
pengerjaannya.
§ Menjaga kebersihan dan mengembalikan
pekerjaannya pada tempat semula.
|
SUB TEMA 2 PB 6
|
||
PPKn
|
||
1.1Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilainilai Pancasila secara
utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
2.1Bersikap penuh tanggung jawab sesuai
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1Menganalisis penerapan nilai-nilai
Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mendiskusikan
nilai-nilai terkait sila kelima dan menemukan contoh sikap sesuai dengan sila
tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Menulis terkait dengan rencana penerapan
sila kelima dalam kehidupan sehari-hari.
§ Menyampaikan hasilnya kepada teman
kelompok.
|
Bahasa
Indonesia
|
||
3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan
hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari
teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
|
Membuat
kesimpulan dari teks yang dibaca.
|
§ Membaca teks yang ada pada buku pelajaran.
§ Membacakan kesimpulan dan membahasnya.
Siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki pekerjaannya.
§ Menuliskan kesimpulan secara
utuhmenggunakan kosakata baku.
|
SUB TEMA 3 PB 1
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan
hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari
teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
|
Membuat
kesimpulan dari teks yang dibaca dengan menggunakan kosakata baku
|
§ Membaca teks tentang pelestarian hewan
dan tumbuhan “Ayo Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia”.
§ Menuliskan ide pokok dari bacaan dan
mendiskusikannya dengan teman di sebelah atau di kelompok.
§ Menulis kesimpulan dari apa yang dibaca
dan didiskusikan menggunakan kosakata baku.
|
IPA
|
||
3.1Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan
hewan.
4.1Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan
tumbuhan.
|
Mendiskusikan
pelestarian hewan.
|
§ Menyampaikan tentang hewan dan tumbuhan
terkait perkembangbiakan, manfaat atau pelestariannya.
§ Mengamati gambar dan menjawab
pertanyaannya.
§ Menulis informasi tentang hewan yang ada
di sekitartentang pelestarian hewan.
|
IPS
|
||
3.1Mengidentifikasi karakteristik geografis dan
kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
|
Membandingkan
kondisi politik dari dua negara ASEAN.
|
§ Membaca teks tentang kehidupan politik
dan kondisi geografis negara-negara ASEAN.
§ Menyampaikan kondisi geografis negara
ASEAN dan kehidupan politiknya.
§ Memberikan penguatan tentang kehidupan
politik negara ASEAN.
§ Membandingkan 2 negara ASEAN dari
kehidupan politiknya.
|
SUB TEMA 3 PB 2
|
||
PPKn
|
||
1.1Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari .
2.1Bersikap penuh tanggung jawab sesuai
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1Menganalisis penerapan nilai-nilai
Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menuliskan
pendapat terkait penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Menuliskan pendapatnya tentang penerapan
sikap yang sesuai dengan sila Pancasila.
§ Mendiskusikan tentang pengamalan nilai
Pancasila.
|
SBdP
|
||
3.4 Memahami patung.
4.4 Membuat patung.
|
Mewarnai dan mendekorasi patung
|
§
Mengamati
kerajinan patung tanah liat melalui gambar atau dalam bentuk asli.
§
Menggunakan
peralatan yang dibawa dari rumah,dapat membuat motif dan mewarnai patungnya.
§
Mengingatkan
siswa agar berhati-hati dalam pengerjaannya.
§
Mengecek
proses pembuatan patung dan memberi motivasi
|
SUB TEMA 3 PB 3
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan
teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan
tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh
bukti.
|
Membuat komentar pada kesimpulan teman.
|
§ menyampaikan informasi kepada siswa bahwa
mereka akan menilai kesimpulan teman dengan menggunakan ciri-ciri kesimpulan
yang baik.Creativity and Innovation
|
IPA
|
||
3.1Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan
hewan.
4.1Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan
tumbuhan.
|
Membuat
poster tentang melestarikan tanaman/hewan
|
§ Menyampaikan informasi akan membuat
poster.
§ Mempelajari bagaimana membuat poster
terutama membuat desain hewan atau tumbuhan.membuat poster tentang
pelestarian hewan atau tumbuhan. Mandiri
§ Mengampanyekan pelestarian hewan atau
mahluk hidup.
|
SUB TEMA 3 PB 4
|
||
PPKn
|
||
1.1Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
atas nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari.
2.1Bersikap penuh tanggung jawab sesuai
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1Menganalisis penerapan nilai-nilai
Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mendiskusikan
sikap penerapan Pancasila dalam komik.
|
§ Membaca komik tentang peduli hewan/
tumbuhan kemudian menuliskan pendapatnya.
§ Menemukan contoh pengamalan sila
Pancasila terkait menyayangi tumbuhan/hewan dalam bentuk komik.
§ Membuat cerita dan memikirkan gambar
serta percakapan yang dibutuhkan untuk komiknya.
|
Bahasa
Indonesia
|
||
3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan
teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan
tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh
bukti.
|
Membuat
kesimpulan dan memberi komentar terhadap kesimpulan teman.
|
§ Membaca teks dalam hati.
§ Membuat kesimpulan dan menukarkannya
dengan teman sebelah.
§ Menilai kesimpulan teman.
|
SUB TEMA 3 PB 5
|
||
IPS
|
||
3.1Mengidentifikasi karakteristik
geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah
ASEAN.
|
Menulis
informasi dua Negara ASEAN terkait kehidupan social budaya, ekonomi, dan
politik.
|
§ Membaca teks tentang ASEAN.
§ Mengambil seluruh diagram Venn yang
berisi informasi tentang dua negara ASEAN dan memahaminya.
§ Membuat tulisan tentang dua negara ASEAN
berdasarkan informasi yang telah dimilikinya.
|
SBdP
|
||
3.4 Memahami patung.
4.4 Membuat patung.
|
Melanjukan
menghias patung
|
§ Mengambil patung dan melanjutkan
pengerjaannya.
§ Menjaga kebersihan dan menyimpan
pekerjaannya pada tempat yang disediakan.
|
SUB TEMA 3 PB 6
|
||
PPKn
|
||
1.1Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari .
2.1Bersikap penuh tanggung jawab sesuai
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1Menganalisis penerapan nilai-nilai
Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
Membuat
komik terkait pelaksanaan sila Pancasila
|
§ Menginformasikan kepada siswa untuk
menyelesaikannya komik.
§ Membuat cerita dan memikirkan gambar
serta percakapan yang dibutuhkan untuk komiknya.
|
Bahasa
Indonesia
|
||
3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan
hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari
teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
|
Membuat
kesimpulan dari teks yang dibaca dan memberi komentar pada kesimpuan teman
|
§ Menyampaikan informasi kepada siswa bahwa
mereka akan menilai kesimpulan teman.
§ Membaca teks yang ada pada buku
pelajaran.
§ Membuat kesimpulan dan menukarkannya
dengan teman sebelah.Collaboration
§ Menilai kesimpulan teman.
|
Mengetahui,
Kepala UPT SDI Japing
Muh. Tahir, S.Pd
NIP. 19600821 198411 1 001
|
Japing, 16 Juli 2018
Guru Kelas VI
Miss, S.Pd
NIP. xxxx01
SILABUS
|
Nama Sekolah : SD Inpres japing
Kelas / Semester :
VI / 1
Tema 2 :
Persatuan dalam Perbedaan
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
SUB
TEMA1 PB 1
|
||
Bahasa
Indonesia
|
||
3.4Menggali informasi penting dari buku
sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari
buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di
mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan
kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Menemukan
informasi penting dari teks dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, dan bagaimana dan menuliskannya pada peta pikiran.
|
§ Membaca teks tentang Proklamasi
Kemerdekaan dan mengisi peta pikiran.
§ Mengembangkan informasi pada peta pikiran
dalam bentuk tulisan.
|
IPA
|
||
3.3Mengalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri
dengan lingkungan.
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup
menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai
sumber.
|
Mengamati
ciri tumbuhan dan habitatnya
|
§ Menyiapkan beberapa pos tersedia berbagai
jenis tumbuhan atau gambar tumbuhan beserta informasi tentang cara tumbuhan
tersebut beradaptasi.
§ Meminta siswa memilih satu jenis tanaman
dan membuat catatan tentang ciri tanaman tersebut serta bagaimana tanaman
tersebut beradaptasi.
§ Menulis laporan berdasarkan informasi
pada peta pikiran.
§ mempresentasikan hasil temuan di depan
kelas.
|
IPS
|
||
3.4Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya
mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang
sejahtera.
4.4Menyajikan laporan tentang makna proklamasi
kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan
kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
|
Menuliskan
makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Mengamatigambar tulisan asli dari teks
proklamasi selama satu menit.
§ Melanjutkan kegiatan dengan membaca ulang
teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan menuliskan maknanya bagi bangsa
Indonesia.
§ Menuliskan tiga makna Proklamasi
Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.
|
SUB
TEMA 1 PB 2
|
||
PPKn
|
||
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab
terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan
terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4 Menyajikan hasil telah persatuan dan
kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
|
Menuliskan
pengalaman hidup rukun dalam kehidupan di sekolah.
|
§ Menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini
mereka akan belajar tentang bagaimana hidup rukun dengan semangat persatuan.
§ Mengamati gambar dan melanjutkannya
dengan membaca teks dalam hati.
§ Menulispengalamannyatentang hidup rukun
dalam persatuan
|
SBdP
|
||
3.3Memahami penampilan tari kreasi daerah.
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah.
|
Menemukan
pola lantai pada tari daerah dan mempraktikkannya.
|
§ Membaca teks tentang pola lantai tari
daerah.
§ Menuliskan contoh tari daerah dan pola
lantai tariannya.
§ Mempraktikkan salah satu pola lantai
tarian yang dipilihnya dan setiap siswa menuliskan langkah pola lantai dan
menggambarnya.
§ Mendiskusikan kembali tentang pola lantai
tari daerah.
§ Mencatat gerakan pola lantai dengan
menggunakan catatan anekdot.
|
SUB
TEMA 1 PB 3
|
||
Bahasa
Indonesia
|
||
3.4Menggali informasi penting dari buku sejarah
menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari
buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di
mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan
kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Menemukan
informasi penting melalui unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan
bagaimana serta menuliskannya pada peta pikiran.
|
§ Membaca teks dan mengisi diagram.
§ Membacakan diagramnya di depan kelas dan memberikan
masukan.
§ Mengembangkan peta pikirannya dan
membacakannya di depan kelas.
|
IPA
|
||
3.3Menganalisis cara makhluk hidup
menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.3Menyajikan karya tentang cara makhluk
hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran
berbagai sumber.
|
Mengamati
tanaman di sekitar habitat dan cara melindungi diri
|
§ Menulis pertanyaan terkait
tumbuhan/sayuran yang mereka lihat terkait habitatnya.
§ Menginformasikan bahwa akan belajar
tentang ciri-ciri tumbuhan dan bagaimana mereka beradaptasi.
§ Mengamati tumbuhan di lingkungan sekolah,
siswa mengisi diagram pada buku dan mendiskusikannya dalam kelompok.
|
SUB
TEMA 1 PB 4
|
||
PPKn
|
||
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab
terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.
3.4 Memahami manfaat persatuan dan kesatuan
untuk mewujudkan kesejahteraan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
4.4 Menceritakan manfaat persatuan dan
kesatuan untuk mewujudkan kesejahteraan dalam bingkai Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
|
Menemukan
sikap yang mencerminkan rukun dalam perbedaan dan manfaatnya
|
§ Mengamati gambar dan menjawab pertanyaan.
§ Mendiskusikan kembali tentang pengamalan
nilai persatuan dan kesatuan.
|
Bahasa Indonesia
|
||
3.4Menggali informasi penting dari buku
sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4Memaparkan informasi penting dari buku
sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di
mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan
kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Menemukan
informasi penting melalui unsure apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan
bagaimana serta menuliskannya pada peta pikiran. Mengembangkan peta pikiran
dalam bentuk tulisan.
|
§ Membaca teks dan mengisi peta pikiran.
§ Menyampaikan peta pikirannya.
§ Membacakan peta pikirannya di depan kelas
dan memberikan masukan.
§ Mengembangkan peta pikirannya dan
membacakannya di depan kelas.
|
SUB
TEMA 1 PB 5
|
||
IPS
|
||
3.4Memahami makna proklamasi kemerdekaan,
upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan
kebangsaan yang sejahtera.
4.4Menyajikan laporan tentang makna
proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya
mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
|
Menemukan
makna proklamasi dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, di rumah, dan di
sekitar.
|
§ Melakukan curah pendapat tentang
pengalaman mewujudkan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan
sehari-hari.
§ Membaca teks terkait makna Proklamasi
Kemerdekaan.
|
SBdP
|
||
3.3Memahami penampilan tari kreasi
daerah.
4.3Menampilkan tari kreasi daerah.
|
Menggambar
pola lantai tari daerah dan mempraktikkannya
|
§ Membaca dan mengamati tarian daerah dan
pola lantainya.
§ Mengisi tabel tentang tarian daerah dan
menggambar pola lantainya.
§ Mendiskusikan langkah pola lantai dan mencoba
berlatih.
§ Mempraktikan semua pola lantai dan
memberi masukan.
|
SUB
TEMA 1 PB 6
|
||
PPKn
|
||
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab
terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan
terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4 Menyajikan hasil telah persatuan dan
kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
|
Menemukan
contoh hidup rukun dan membuat rencana mewujudkannya.
|
§ Menemukan contoh hidup rukun dan membuat
rencana mewujudkannya.
|
Bahasa Indonesia
|
||
3.4Menggali informasi penting dari buku
sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari
buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di
mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan
kosa kata baku dan kalimat efektif.
|
Menemukan
informasi penting melalui unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan
bagaimana serta menuliskannya pada peta pikiran. Mengembangkan peta pikiran
dalam bentuk tulisan.
|
§ Membaca teks yang ada pada buku
pelajaran.
§ Menemukan informasi penting dan
mengisinya pada peta pikiran.
§ Menyampaikan peta pikirannya.
§ Mengembangkan peta pikirannya dan
membacakannya di depan kelas.
|
SUB
TEMA 2 PB 1
|
||
Bahasa
Indonesia
|
||
3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah
menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah
secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku
dan kalimat efektif.
|
Menulis
peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan berdasarkan teks
sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
dengan menggunakan kalimat efektif.
|
§ Membaca teks Perjuangan Mempertahankan
Kemerdekaan Indonesia dalam hati.
§ Mengisi peta pikiran berdasarkan teks
Pertempuran Surabaya.
§ Mendiskusikan peta pikiran yang telah
mereka isi secara berpasangan.
§ Mengembangkan peta pikiran yang telah
mereka buat menjadi sebuah tulisan baru menggunakan kata-kata sendiri.
§ Membuat tulisan menggunakan kata-kata
sendiri tentang Pertempuran Surabaya berdasarkan peta pikiran yang telah di buat menggunakan kalimat efektif.
|
IPA
|
||
3.3Mengalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri
dengan lingkungan.
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup
menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai
sumber.
|
Menyajikan
hasil pengamatan tentang ciri-ciri habitat hewan melalui diagram.
|
§ Mencari tahu tentang ciri-ciri hewan dan
habitatnya.
§ Mengamati gambar ayam, bebek, ikan, dan
cecak yang terdapat dalam buku siswa.
§ Menuliskan hasil analisis mereka tentang
hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya.
|
IPS
|
||
3.4Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya
mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang
sejahtera.
4.3Menyajikan laporan tentang makna proklamasi
kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan
kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
|
Mempresentasikan
contoh makna upaya mempertahankan kemerdekaan.
|
§ Membaca kembali teks tentang Pertempuran
Surabaya.
§ Menuliskan makna yang dipetik dari upaya
mempertahankan kemerdekaan dalam Pertempuran Surabaya.
§ Mencari informasi tentang perjuangan
dalam mempertahankan kemerdekaan secara berkelompok.
|
SUB
TEMA 2 PB 2
|
||
PPKn
|
||
1.4Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap
penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.
3.4Menelaah persatuan dankesatuan terhadap kehidupan
berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4Menyajikan hasil telah persatuan dan kesatuan
terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
|
Menuliskan
contoh tentang manfaat persatuan dan kesatuan
|
§ Menuliskan perbedaan yang mereka temukan
dalam cerita Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama.
§ Menuliskan penjelasan bagaimana mereka
menyikapi perbedaan yang ada dalam kehidupan mereka sehari-hari.
§ Menuliskan penjelasan tentang manfaat
kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari.
|
SBdP
|
||
3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah.
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah
|
Mempraktikkan
pola lantai tari daerah.
|
§ Menuliskan berbagai pola lantai yang
telah mereka ketahui ketika menari.
§ Menerapkan pola lantai tersebut dalam
tari Indang yang berasal dari Sumatra Barat.
§ Mempraktikkan pola lantai dan gerakan
tari Indang.
|
SUB
TEMA 2 PB 3
|
||
Bahasa
Indonesia
|
||
3.4Menggali informasi penting dari buku sejarah
menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah
secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku
dan kalimat efektif.
|
Menyajikan
peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan
|
§ Membaca teks tentang Pertempuran Ambarawa
dalam hati.
§ Mengisi peta pikiran menggunakan kalimat
efektif.
§ Menuliskan sikap yang dapat mereka
pelajari dari para pahlawan yang berjuang di Ambarawa.
§ Menyampaikan bahwa untuk memenangkan
pertempuran di Ambarawa diperlukan kerja sama, persatuan, dan taktik agar
bisa menang. Communication
|
IPA
|
||
3.3.Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan
diri dengan lingkungan.
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup
menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai
sumber.
|
Menulis
laporan tentang cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
|
§ Mempelajari bagaimana hewan beradaptasi
dengan lingkungan.
§ Membaca teks tentang Hyena adalah Hewan
Paling Pintar di Dunia dalam hati.
§ Membaca teks dan tentang adaptasi hewan,
di antaranya kamuflase, mimikri, melepas bagian tubuh,Menggulungkan diri.
§ Menulis kesimpulan tentang adaptasi hewan
menggunakan peta pikiran.
|
SUB TEMA 2 PB 4
|
||
PPKn
|
||
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab
terhadap penerapannilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan
terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4 Menyajikan hasil telah persatuan dan
kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
|
Menyajikan
contoh manfaat persatuan dan kesatuan
|
§ Menuliskan makna persatuan dan kesatuan
menurut pendapat mereka.
§ Menuliskan contoh sikap yang menunjukkan
persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Menuliskan manfaat dari persatuan dan
kesatuan.
|
Bahasa Indonesia
|
||
3.4Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan
aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah
secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku
dan kalimat efektif.
|
Menulis
peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan berdasarkan teks
sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
dengan dengan menggunakan kalimat efektif.
|
§ Mengamati gambar dan membaca teks tentang
Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem Roijen, dan
Konferensi Meja Bundar (KMB).
§ Melengkapi peta pikiran yang terdapat di
buku siswa.
§ Mempresentasikan peta pikiran yang telah
dibuat di depan kelas.
|
SUB TEMA 2 PB
5
|
||
IPS
|
||
3.4Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya
mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang
sejahtera.
4.4Menyajikan laporan tentang makna proklamasi
kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan
kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
|
Mempresentasikan
contoh tentang makna upaya mempertahankan Kemerdekaan
|
§ Mempelajari upaya-upaya yang telah
dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan di berbagai
wilayah di Indonesia dan mencari
informasi tentang berbagai peristiwa terkait upaya mempertahankan kemerdekaan
di berbagai daerah.
§ Mempresentasikan peta pikiran yang telah dibuat
secara berkelompok.
§ Menuliskan hasil refleksi tentang kerja
sama yang telah mereka lakukan ketika mencari informasi dan melakukan
presentasi bersama-sama.
|
SBdP
|
||
3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah..
|
Mempraktikkan
pola lantai tari daerah
|
§ Menarikan tari Indang.
§ Mempelajari lebih lanjut gerakan tari
Indang berikutnya.
§ Mempraktikkan setiap gerakan.
|
SUB TEMA 2 PB 6
|
||
PPKn
|
||
1.4Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap
penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.
3.4Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap
kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4Menyajikan hasil telah persatuan dan kesatuan
terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
|
Menyajikan
contoh tentang manfaat persatuan dan kesatuan dalam masyarakat NKRI.
|
§ Menampilkan drama tentang persatuan dan
kesatuan secara berkelompok. Gotong
Royong
|
Bahasa Indonesia
|
||
3.4Menggali informasi penting dari buku
sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari
buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di
mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan
kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Menuliskan informasi penting tentang
semangat persatuan dan Kesatuan tentang teks sejarah menggunakan aspek
apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif.
|
§ Membaca teks tentang Bandung Lautan Api
dalam hati.
§ Melengkapi peta pikiran berdasarkan teks
dengan menggunakan kalimat efektif.
§ Mendiskusikan peta pikiran yang telah
dibuat dalam kelompok.
|
SUB TEMA 3 PB 1
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.4Menggali informasi penting dari buku sejarah
menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah
secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku
dan kalimat efektif.
|
Menemukan
informasi penting dari teks dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan
bagaimana dan menuliskannya pada peta pikiran. Mengembangkan informasi dengan
menggunakan kata baku dan kalimat efektif.
|
§ Mengamati teks proklamasi asli dan hasil
ketikkan serta foto BM Diah selama satu menit.
§ Memikirkan kata baku yang terdapat pada
bacaan dan menduga ciri-cirinya.
§ Membagikan buku EYD untuk satu kelompok
dan meminta siswa untuk mengidentifikasi apakah ada kata pada bacaan yang
tidak baku.
§ Mengembangkan informasi pada peta pikiran
dalam bentuk tulisan dengan menggunakan kata baku dan kalimat efektif.
|
IPA
|
||
3.3.Menganalisis cara
makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.3 Menyajikan karya tentang
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil
penelusuran berbagai sumber.
|
Menuliskan
manfaat hewan dan tumbuhan terkait habitatnya
|
§
Membaca
teks tentang manfaat beluntas dan keong serta manfaat tumbuhan dan hewan
secara umum.
§
Mengamati
dan mencatat habitat hewan dan tumbuhan serta manfaatnya.
§
Mengembangkan
informasi pada tabel dalam bentuk laporan tertulis.
|
IPS
|
||
3.4Memahami makna proklamasi kemerdekaan,
upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupankebangsaan
yang sejahtera.
4.4Menyajikan laporan tentang makna
proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya
mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
|
Menemukan
manfaat proklamasi kemerdekaan terkait kesejahteraan rakyat
|
§ Menuliskan contoh upaya menjadi seorang
pembelajar yang sukses dalam rangka menjadi warga yang sejahtera.
|
SUB TEMA 3 PB 2
|
||
PPKn
|
||
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab
terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan
terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4 Menyajikan hasil telah persatuan dan
kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
|
Menuliskan
cerita tentang manfaat persatuan dan kesatuan
|
§ Menulis pengalamannya tentang manfaat
persatuan.
|
SBdP
|
||
3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah.
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah.
|
Mempraktikkan
pola lantai tari daerah.
|
§ Membaca teks tentang tari Indang.
§ Mendiskusikan kembali tentang pola lantai
tari Indang.
§ Mencatat gerakan pola lantai dengan
menggunakan catatan pengamatan keterampilan.
|
SUB TEMA 3 PB 3
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.4Menggali informasi penting dari buku
sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari
buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di
mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan
kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Menemukan
informasi penting melalui aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan
bagaimana dan menuliskannya pada peta pikiran dengan menggunakan kata baku
dan kalimat efektif.
|
§ Membaca teks tentang Sang Saka Merah
Putih dan mengisi peta pikiran.
§ Mengembangkan peta pikirannya dengan
menggunakan kata baku dan membacakannya di depan kelas.
|
IPA
|
||
3.3.Menganalisis cara makhluk hidup
menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.3Menyajikan karya tentang cara makhluk
hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran
berbagai sumber.
|
Membuat
poster pelestarian hewan/ tumbuhan
|
§ Mengamati poster.
§ Memilih satu tumbuhan atau hewan terkait
habitat dan manfaatnya.
§ Membuat poster sesuai kriteria yang
disampaikan.
§ Menyampaikan posternya kepada teman
kelompoknya dan diberikan masukan.
|
SUB TEMA 3 PB 4
|
||
PPKn
|
||
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap
penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap
kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4 Menyajikan hasil telah persatuan dan kesatuan
terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
|
Menyajikan
contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam bentuk buku mini
|
§ Membuat buku mini.
§ Menuliskan dan menggambar 4 contoh kegiatan
yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.
§ Menuliskan dan menggambar 4 manfaat
persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat.
§ Menyelesaikan buku mini yang telah
dibuat.
|
Bahasa
Indonesia
|
||
3.4Menggali informasi penting dari buku
sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4Memaparkan informasi penting dari buku
sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di
mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan
kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Menulis
peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan berdasarkan teks
sejarah menggunakan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
dengan dengan menggunakan kalimat efektif.
|
§ Mengamati gambar dan membaca teks tentang
pentingnya persatuan dan kesatuan untuk menciptakan kesejahteraan umum.
§ Mempresentasikan peta pikiran yang telah
mereka buat di depan kelas.
§ Menyampaikan bahwa persatuan dan kesatuan
harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga,
sekolah, dan masyarakat agar tercipta masyarakat yang aman, nyaman, dan
sejahtera. Communication
|
SUB TEMA 3 PB 5
|
||
IPS
|
||
3.4Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya
mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang
sejahtera.
4.4Menyajikan laporan tentang makna proklamasi
kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan
kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
|
Menuliskan
makna upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera di masa awal
kemerdekaan Indonesia dalam bentuk diagram.
|
§ Menyampaikan bahwa salah satu semboyan
bangsa Indonesia adalah ‘Bersatu Kita Teguh’. Communication
§ Membaca teks tentang makna upaya
mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera di masa awal kemerdekaan
Indonesia.
§ Menuliskan informasi penting berdasarkan
teks dalam bentuk bagan.
|
SBdP
|
||
3.3Memahami penampilan tari kreasi
daerah.
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah.
|
Mempraktikkan
pola lantai tari daerah.
|
§ Menampilkan seluruh gerakan dan pola
lantai tari Indang yang telah mereka pelajari.
|
SUB TEMA 3 PB 6
|
||
PPKn
|
||
1.4Mensyukuri persatuan dan kesatuan
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4Menampilkan sikap tanggungjawab
terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.
3.4 Menelah persatuan dan kesatuan
terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4Menyajikan hasil telaah persatuan dan
kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
|
Menulis cerita tentang contoh manfaat
persatuan dan kesatuan dalam masyarakat NKRI.
|
§ Membuat buku mini tentang manfaat
persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat NKRI. Communication
§ Mendiskusikan buku yang dibaca.
|
Bahasa Indonesia
|
||
3.4Menggali informasi penting dari buku
sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4Memaparkan informasi penting dari buku
sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di
mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan
kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Menuliskan
informasi penting tentang semangat persatuan dan Kesatuan tentang teks
sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
§ Membaca teks cerita yang ditulis siswa
tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahtaraan rakyat.
§ Melengkapi peta pikiran berdasarkan teks
cerita yang dibaca menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku.
§ Menuliskan komentar tentang penggunaan
kalimat efektif dan kosakata baku dalam cerita tersebut beserta contoh.
|
Komentar
Posting Komentar