RPP MINGGUAN PAUD TK KURIKULUM 2013
TK AISYAH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
(RPPM)
KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
TK-B (USIA 5 – 6 TAHUN)
SEMESTER 1 (GASAL)
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
YAYASAN PENDIDIKAN
SUNGGUMANAI
TK AISYAH
Sekretariat : BTN Bumi
Zarindah Blok I Japing
TEMA :DIRIKU
KELOMPOK :B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 1
KD:1.1, 1.2,
2.1, 2.5, 2.8. 2.12, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.10, 4.10, 3.11,
4.11, 3.12, 4.12,3.14, 4.14.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
Identitas
diri
|
1.1.3.Aku
diciptakan olehTuhan
|
1.Berdiskusi
tentang ciptaan Tuhan
|
|
(Nama,jenis
kelamin,
|
1.2.2.Menyayangi
diri sendiri
|
2.Menyanyi
lagu Aku
|
|
usia, nama
ayah,
|
2.1.3.Menjaga
kebersihan
|
3.Menceritakan
perbedaan suara orang laki-laki dan perempuan
|
|
nama ibu)
|
2.5.3.Berani
tampil di depan umum
|
4.Menyebutkan
identitas diri dengan lengkap
|
|
|
2.8.2.Mengurus
dirinya sendiri
|
5.Mewarnai
gambar anak laki-laki dan perempuan, mainan kesukaan
|
|
|
2.12.2.Meminta dan memberi maaf
|
6.Mengelompokkan
gambar anak menurut jenis kelamin
|
|
|
3.1.1.dan
4,1,1 Menyanyi lagu AKU
|
7.Menulis
nama panggilan anak, alamat, nama ayah & ibu
|
|
|
3.2.2. dan
4.2.2. Memberi &membalas salam
|
8.Menjaga
kebersihan diri :mandi
|
|
|
3.3.2. dan
4.3.2.Fungsi identitas diri
|
9.Menggambar
bebas anak laki-laki / perempuan
|
|
|
3.6.6. dan
4.6.6.Perbedaan suara anak laki-laki dan perempuan
|
10.Membuat
urutan bilangan pada gambar mainan kesukaan
|
|
|
3.10.5.dan,4.10.5.
Identitas anak dengan lengkap
|
11.Menghitung
teman menurut jenis kelamin
|
|
|
3.11.1dan
4.11.1.Expresi wajah &Pengenalan expresi wajah
|
12.Memasangkan
gambar sesuai pasangannya
|
|
|
3,12.4. dan
4.12.4.Menggerakkan jari-jari tangan
|
13.Suku kata
awal sama :nama anak
|
|
|
3.14.2. dan
4.14.2.Hobyku
|
14.Bercerita
pengalaman anak.
|
|
|
|
15.Menghias
kue ulang tahun
|
|
|
|
16.Diskusi
tentang cara menjaga kebersihan diri
|
|
|
|
17.Membiasakan
anak mau memberi dan meminta maaf
|
|
|
|
18.Bercerita
dengan kata ganti aku,saya
|
|
|
|
19.Membuat
bentuk dengan plastisin
|
|
|
|
20.Melompat dari
kursi
|
|
|
|
21.Membiasakan
anak memberi dan membalas salam
|
|
|
|
22.Menulis
angka sesuai usia anak sendiri
|
|
|
|
23.Membuat bentuk kartu nama
|
|
|
|
24.Membuat hadiah untuk ibu
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
TEMA :DIRIKU
KELOMPOK : B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 2
KD:1.1, 1.2,
2.1, 2.5, 2.8. 2.12, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.10, 4.10, 3.11,
4.11, 3.12, 4.12,3.14., 4.14.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
TUBUHKU
|
1.1.3.Tubuhku
ciptaanTuhan
|
1.Diskusi
tentang tubuhkan ciptaan Tuhan
|
|
CIRI-CIRI
TUBUH
|
1.2.2.Menyayangi
anggota tubuh
|
2.Menyebutkan
anggota tubuh
|
|
ANGGOTA
TUBUH
|
2.1.3.Menjaga
kebersihan tubuh
|
3.Menyebutkan
fungsi /guna anggota tubuh
|
|
(Kepala,
Tangan,
|
2.5.3.Berani
tampil di depan umum
|
4.Menyusun
kepingan geometri menjadi bentuk orang
|
|
Kaki)
|
2.8.2.Mengurus
dirinya sendiri
|
5.Menyanyi
lagu Aku, dll
|
|
|
2.12.2.Meminta dan memberi maaf
|
6.Memberi
dan membalas salam dengan benar
|
|
|
3.1.1.dan
4,1,1 Menyanyi lagu AKU
|
7.Menghubungkan
gambar anggota tubuh dengan tulisan
|
|
|
3.2.2. dan
4.2.2. Memberi &membalas salam
|
8.Menulis
nama-nama anggota tubuh
|
|
|
3.3.1. dan
4.3.1.Anggota tubuhku
|
9.Menunjukkan
anggota tubuh anak
|
|
|
3.3.3. dan
4.3.3.Kegunaan anggota tubuh
|
10.Menyisir
rambut sendiri, memakai sepatu sendiri
|
|
|
3.6.3. dan
4.6.3.Perbedaan tubuh anak kecil dan anak dewasa
|
11.Membedakan
ukuran tubuh,warna rambut
|
|
|
3.6.4.dan,4.6.4.
Urutan pola
|
12.Mengurutkanbilangan
dengan benda- benda
|
|
|
3.6.7.dan,4.6.7.
Konsep bilangan
|
13.Menghitung
jari tangan dan jari kaki
|
|
|
3.10.5.dan,4.10.5.
Ciri-ciri tubuh
|
14.Meminta maaf dengan jabat tangan yang benar
|
|
|
3.11.1.dan
4.11.1 Pengenalan expresi wajah
|
15.Menunjuk
teman yang sedang
senang,sedih,marah
|
|
|
3,12.3. dan
4.12.3.Gambar / cerita
|
16.Bermainbola,
menendang bola, dll
|
|
|
3,12.4. dan
4.12.4.Menggerakkan jari-jari tangan
|
17.Berjalan
dg satu kaki/engklek,berjalan di atas papan titian
|
|
|
3.14.2. dan
4.14.2.Menyisir rambut
|
18.Mengurutkan
gambar anak dari ukuran kecil-besar
|
|
|
|
19.Kolase
gambar pita, dll
|
|
|
|
20.Menirukan
2-3 urutan kata
|
|
|
|
21.Mencari
perbedaan tubuh anak laki-laki dan perempuan
|
|
|
|
22.Melakukan
3-4 perintah
|
|
|
|
23.Menjiplak
jari – jari tangan
|
|
|
|
24.Bercerita
tentang gambar
|
|
|
|
25.Tepuk tangan dengan pola
|
|
|
|
26.Meneruskan
pola : pita, sisir, bando
|
|
|
|
27.Membuat
topi dari kertas
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.KoM IRAWATI
TEMA :DIRIKU
KELOMPOK : B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 3
KD:1.1, 1.2,
2.1, 2.5, 2.8. 2.12, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.10, 4.10, 3.11,
4.11, 3.12, 4.12,3.14, 4.14.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
PANCA INDRA
|
1.1.3.Panca
indra ciptaan Tuhan
|
1.Diskusi
tentang panca indra
|
|
- Macamnya
|
1.2.2.Menyayangi
diri sendiri
|
2.Merasakan
macam-macam makanan
|
|
- Manfaatnya
|
2.1.3.Menjaga
kebersihan
|
3.Mewarnai
gambar makanan yang berasa manis/asin/pedas dll
|
|
(mata,
hidung, lidah,
|
2.5.3.Berani
tampil di depan umum
|
4.Bercerita
tentang pengalaman
|
|
Telinga, kulit)
|
2.8.2.Mengurus
dirinya sendiri
|
5.Mengelompokkan
benda berdasarkan rasa, suara (nyaring, pelan)
|
|
|
2.12.2.Meminta dan memberi maaf
|
6.Memilih
makanan yang disuka
|
|
|
3.1.1.dan
4,1,1 Menyanyi lagu Panca indra
|
7.Memasangkan
gambar panca indra dengan pasangannya
|
|
|
3.2.2. dan 4.2.2.
Memberi &membalas salam
|
8.Menebali
huruf dari nama-nama panca indra
|
|
|
3.3.2. dan
4.3.2. Macam-macamrasa ,suara ,bau
|
9.Bermain
terompet
|
|
|
3.6.1. dan
4.6.1.Perabaan (kasar-halus)
|
10.Menyanyi
lagu Panca indra
|
|
|
3.10.5.dan,4.10.5.
Macam-macam panca indra
|
11.Memberi
tanda pada gambar/benda yang disukai anak
|
|
|
3.11.1.dan
4.11.1 Pengenalan expresi wajah
|
12.Bercerita
tentang gambar yang dibuatnya
|
|
|
3,12.4. dan
4.12.4.Menggerakkan jari-jari tangan
|
13.Mencocok
gambar cabe, botol minyak wangi
|
|
|
3.14.2. dan
4.14.2.Hobyku
|
14.Menghidu/menciumbenda-benda
|
|
|
|
15.Bermain
tebak-tebakan (kata,bau),bisik berantai,petak umpet
|
|
|
|
16.Membedakan
benda berdasarkan kasar-halus
|
|
|
|
17.Membilang
jumlah panca imdra
|
|
|
|
18.Membilang
gambar makanan kesukaan
|
|
|
|
19.Menghitung
hasil penjumlahan dengan benda
|
|
|
|
20.Membuat
bentuk kaca mata pada gambar kepala
|
|
|
|
21.Mewarnai
gambar anak menggosok gigi
|
|
|
|
22.Membuat
topengmata dari karton
|
|
|
|
23.Melipat
sapu tangan
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
TEMA :LINGKUNGANKU
KELOMPOK : B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 4
KD:1.1, 1.2,
2.1, 2.3. 2.4, 2.6, 2.9, 2.10, 2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5,
4.5,3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9.
3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
KELUARGA
|
1.1.5.Menjaga
dan melestarikan lingkungan
|
1.Menyanyi
lagu Kasih Ibu
|
|
- Anggota
keluarga
|
1.2.6.Kelestarian
lingkungan
|
2.Menyebutkan
anggota keluarga
|
|
- Tugas ayah
/ ibu
|
2.1.3.Kebersihan
lingkungan
|
3.Menggunting
gambar dot adik
|
|
- Kebiasaan
dalam keluarga
|
2.3.2.Berkreasi
menggunakan berbagai media
|
4.Kebiasaan
minta ijin orang tua sebelum
berangkat sekolah
|
|
- Tata
tertib dalam keluarga
|
2.4.4.Penataan
lingkungan keluarga
|
5.Mewarnai
gambar selendang ibu, adik minum susu
|
|
|
2.6.2.Berangkat
sekolah
|
6.Mencari
jejak gambar binatang piaraan
|
|
|
2.9.2.Gotong
royong /tolong menolong
|
7.Bicara
sopan dengan ayah/ibu
|
|
|
2.10.2.Mau
bermain dengan teman
|
8.Tanya
jawab tata tertib dalam keluarga
|
|
|
2.11.3.Menyesuaikan
diri dengan lingkungan
|
9.Suku kata
awal nama anggota keluarga
|
|
|
2.14.2.Memperhatikan
orang tua bicara
|
10.Senam
irama
|
|
|
3.1.1 dan
4.1.1.Menyanyi lagu Kasih Ibu
|
11.Diskusi
tentang tugas-tugas anggota keluarga
|
|
|
3.2.3.dan 4.2.3.Bersikap
sopan pada orang tua
|
12.Mengelompokkan
benda/gambar yang biasa dipakai ayah,ibu
|
|
|
3.4.3.dan
4.4.3.Membuang sampah pada tempatnya
|
13.Menghitung
gambar kopyah ayah
|
|
|
3.5.2.dan
4.5.2.Mencari jejak
|
14.Bercerita
kebiasaan di rumah (mambantu membersihkan rumah)
|
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Pengenalan konsep & lambang bilangan
|
15.Memberi
angka pada gambar dot adik
|
|
|
3.7.2.dan
4.7.2.Pengenalan nama anggota keluarga
|
16.Menggambar
sesuai angka yang tersedia
|
|
|
3.9.1dan
4.9.1.Pengenalan alat-alat dalam keluarga
|
17.Bermain
dakon
|
|
|
3.15.3 dan
4.15.3.Gerakan senam,tari
|
18.Memasangkan
gambar sesuai pasangannya
|
|
|
|
19.Menirukan
3-4 urutan kata
|
|
|
|
20.Mengurutkan
bilangan
|
|
|
|
21.Mencocok
gambar kopyah ayah
|
|
|
|
22.Memberi
tanda perbuatan benar dan salah
|
|
|
|
23.Membuat
bentuk setrika dari plastisin
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
TEMA :LINGKUNGANKU
KELOMPOK : B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 5
KD:1.1, 1.2,
2.1, 2.3. 2.4, 2.6, 2.10, 2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5,
3.6, 4.6,3.7, 4.7, 3.9, 4.9,3.15,4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
RUMAHKU
|
1.1.5.Menjaga
keamanan rumah
|
1.Berdiskusi
tentang guna rumah
|
|
- Bahan
pembuatan rumah
|
1.2.6.Kelestarian
lingkungan rumah
|
2.Menyebutkan
bagian-bagian rumah
|
|
-
Bagian-bagian rumah
|
2.1.3.Kebersihan
lingkungan rumah
|
3.Membersihkan
rumah (kelas)
|
|
- Perkakas
rumah
|
2.3.2.Berkreasi
menggunakan berbagai media
|
4.Membuat
rumah dengan balok-balok
|
|
-
Jenis-jenis rumah
|
2.4.4.Penataanruangtamu
|
5.Melipat
kertas menjadi bentuk rumah
|
|
- Tetangga
|
2.6.2.Berangkat
sekolah minta ijin orang tua
|
6.Mengelompokkan
gambar perkakas rumah
|
|
|
2.9.1.Gotong
royong membuat rumah
|
7.Menyanyi
lagu rumah kami
|
|
|
2.10.2.Mau
bermain dengan teman di rumah
|
8.Membuat
coretan, jalan menuju rumah
|
|
|
2.11.3.Menyesuaikan
diri dengan lingkungan
|
9.Menghubungkan
gambar rumah ibadah sesuai agama
|
|
|
2.14.2.Mematuhi
nasehat orang tua
|
10.Membuat
bentuk rumah dari karton / kardus bekas
|
|
|
3.1.1 dan
4.1.1.Menyanyi lagu rumahku
|
11.Menggunting
gambar perkakas rumah
|
|
|
3.2.3.dan
4.2.3.Bersikap sopan pada orang tua
|
12.Menghitung
benda-benda yang ada di dalam rumah
|
|
|
3.4.3.dan
4.4.3.Membuang sampah pada tempatnya
|
13.Menyebutkan
ruangan-ruangan yang ada di rumah
|
|
|
3.5.2.dan
4.5.2.Mencari jejak rumahku
|
14.Menggambar
bebas dengan krayon
|
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Lambang bilangan
|
15.Mewarnai
gambar masjid
|
|
|
3.7.3.dan
4.7.3.Rumah tempat ibadah
|
16.Bergerak
sesuai irama musik
|
|
|
3.9.1dan
4.9.1.Pengenalan bagian-bagian rumah
|
17.Memberi
angka pada gambar bantal / guling
|
|
|
beserta
perkakas rumah tangga.
|
18.Mencocok
bentuk almari
|
|
|
3.15.3 dan
4.15.3.Gerakan senam,tari
|
19.Membuat
bentuk rumah dengan lidi-lidi
|
|
|
|
20.Penjumlahan
dengan gambar
|
|
|
|
21.Menyusun batang
korek api menjadi bentuk kursi
|
|
|
|
22.Menirukan
3 – 4 urutan kata (rumahku sangat bersih)
|
|
|
|
23.Menghitung
jumlah jendela (menulis angka)
|
|
|
|
24.Mengunjungi
masjid / mushola terdekat
|
|
|
|
25.Melengkapi
kalimat
|
|
|
|
26.Membuat
gambar sesuai angka
|
|
|
|
27.Menggunting
gambar kursi
|
|
|
|
28.Melengkapi
kata di bawah gambar rumah
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
TEMA :LINGKUNGANKU
KELOMPOK : B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 6
KD:1.1, 1.2,
2.1, 2.3. 2.4, 2.6,2.9, 2.10, 2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5,
4.5,3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9. 3.12, 4.12, 3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
SEKOLAH
|
1.1.5.Menjaga
dan melestarikan sekolahku
|
1.Menyanyi
lagu Taman yang paling indah
|
|
Alat-alat
sekolah
|
1.2.7.Kelestarian
lingkungan sekolah
|
2.Berdiskusi
tentang guna sekolah
|
|
Warga
sekolah
|
2.1.3.Kebersihan
lingkungan sekolah
|
3.Mengelompokkan
alat-alat sekolah
|
|
Alat
permainan sekolah
|
2.3.2.Berkreasi
menggunakan berbagai media
|
4.Bermain di
halaman
|
|
|
2.4.4.Penataan
lingkungan kelas
|
5.Menggunting
gambar ayunan
|
|
|
2.6.2.Berangkat
sekolah tepat waktu
|
6.Menggambar
bebas sekolahku
|
|
|
2.6.3.Memakai
seragam sekolah
|
7.Merapikan
mainan bersama-sama
|
|
|
2.9.1.Tolong
menolong dengan teman
|
8.Kerja bakti
membersihkan kelas
|
|
|
2.10.1.Merapikan
mainan bersama-sama
|
9.Mencari
jejak menuju sekolah
|
|
|
2.11.2.Tidak
mengganggu teman
|
10.Menyebutkan
warga sekolah
|
|
|
2.14.2.Memperhatikan
guru/teman bicara
|
11.Menebali
suku kata awal sama, gambar
alat – alat sekolah
|
|
|
3.1.1 dan
4.1.1.Menyanyi lagu Taman yang indah
|
12.Mencocok
gambar buku
|
|
|
3.2.3.dan
4.2.3.Bersikap sopan pada pendidik
|
13.Menghitungpensil,buku,penghapus,krayon,balok dll
|
|
|
3.4.3.dan
4.4.3.Membuang sampah pada tempatnya
|
14.Gerak
lagu
|
|
|
3.5.2.dan
4.5.2.Mencari jejak sekolahku
|
15.Merapikan
kelas /mainan
|
|
|
3.6.4.dan
4.6.4.Urutan pola
|
16.Mengurutkan
bilangan
|
|
|
3.7.2.dan
4.7.2.Pengenalan warga sekolah
|
17.Menirukan
2-3 urutan kata
|
|
|
3.9.3dan
4.9.3.Pengenalan alat-alat untuk sekolah
|
18.Mengurutkan
pola gambar alat-alat sekolah
|
|
|
3.12.1 dan
4.12.1.Pengenalan huruf vokal & konsonan
|
19.Memanjat,
bergantung dan berayun
|
|
|
3.15.3 dan
4.15.3.Gerakan senam,tari
|
20.Mewarnai
gambar alat permainan di luar kelas, gambar baju seragam
|
|
|
|
21.Menyebutkan
huruf vokal dan konsonan nama alat – alat sekolah
|
|
|
|
22.Meronce
manik - manik
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
TEMA :KEBUTUHANKU
KELOMPOK : B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 7
KD:1.1, 2.2.
2.4, 2.6, 2.7, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6,
3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12.
3.14, 4.14.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
MAKANAN
|
1.1.4.Bersyukur
atasnikmat Tuhan (makanan)
|
1.Berdiskusi
tentang guna makanan bagi tubuh
|
|
- Manfaat
|
2.2.1.Mencoba
memasaknasi
|
2.Mengelompokkan
makanan pokok,sayuran,lauk.
|
|
- Sumber
|
2.4.2.Gerakan
sederhana
|
3.Menghitung
sendok
|
|
- Jenis
|
2.6.5. Tata
tertib makan
|
4.Memperagakan
makan yang tertib dan sopan (memberi tanda)
|
|
- Alat –
alat memasak, makan
|
2.7.2.Antri
cuci tangan sebelum makan
|
5.Memilih
makanan yang sehat dan bergizi (sebab akibat)
|
|
- Cara
menyajikan
|
2.13.1.Tidak
mengambil barang milik orang lain
|
6.Berdoa
sebelum dan sesudah makan
|
|
|
2.14.1.Kebiasaan
mengucap terimakasih
|
7.Membersihkan
alat-alat makan setelah digunakan
|
|
|
3.1.2&
4.1.2.Doa sebelum dan sesudah makan
|
8.Meniru
menulis nama-nama makanan pokok
|
|
|
3.3.3 dan
4.3.3.Makan dengan tangan kanan
|
9.Mengelompokkan
kata – kata sejenis
|
|
|
3.4.7.dan
4.4.7.Makan yang teratur & makanan
|
10.Meneruskan
pola gambar alat-alat untuk makan
|
|
|
makanan yang
bergizi
|
11.
Menceritakan cara memasak nasi
|
|
|
3.5.3.dan
4.5.3. Puzel
|
12.Menyusul
puzel gambar panci
|
|
|
3.6.4.dan
4.6.4.Meneruskan pola alat-alat makan
|
13.Mencuci
tangan yang benar sebelum makan
|
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Konsep bilangan
|
14.Menunjukkan
makanan kesukaan
|
|
|
3.9.1.dan
4.9.1.Pengenalan alat-alat makan, memasak
|
15.Menata
meja makan
|
|
|
3.10.1dan
4.10.1.Percakapan dengan teman
|
16.Melipat
serbet makan
|
|
|
3.12.2.dan
4.12.2.Huruf awal sama nama makanan
|
17.Mencocok
gambar bakul nasi
|
|
|
3.14.3.dan
4.14.3.Makanan kesukaanku
|
18.Membuat
gambar makanan sesuai angka
|
|
|
|
19.Membaca
sajak
|
|
|
|
20.Melengkapi
gambar makanan 4 sehat 5 sempurna
|
|
|
|
21.Mengisi pola
gambar pisang
|
|
|
|
22.Menghubungkan
gambar alat – alat memasak dengan kartu kata
|
|
|
|
23.Menggambar
peralatan memasak
|
|
|
|
24.Membuat
gambar jam
|
|
|
|
25.Membawa
beban di atas kepala
|
|
|
|
26.Menyebutkan
posisi benda
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
TEMA :KEBUTUHANKU
KELOMPOK : B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 8
KD:1.1, 2.2.
2.4, 2.6, 2.7, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6,
3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12
3.14, 4.14.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
MINUMAN
|
1.1.4.Bersyukur
atasnikmat Tuhan
|
1.Berdoa
sebelum dan sesudah makan/minum
|
|
- Manfaat
|
2.2.1.Mencoba
membuat minuman
|
2.Melakukan gerakan minum dengan gelas
|
|
- Sumber
|
2.4.2.Gerakan
sederhana
|
3.Membuat minuman
(teh ,susu)
|
|
- Jenis
|
2.6.5.Mentaati
tata tertib minum
|
4.Huruf awal
nama –nama minuman
|
|
- Alat –
alat memasak, makan
|
2.7.2.Antri
cuci mengambil minuman
|
5.Mewarnai,menggunting
gambar alat-alat untuk minum
|
|
- Cara
menyajikan
|
2.13.1.Tidak
mengambil barang milik orang lain
|
6.Bermain
plastisin membut bentuk alat-alat minum
|
|
|
2.14.1.Kebiasaan
mengucap terimakasih
|
7.Bermain
puzel gambar botol minuman
|
|
|
3.1.2&
4.1.2.Berdoa sebelum dan sesudah makan
|
8.Menghitung
botol /gelas aqua
|
|
|
3.3.3 dan
4.3.3.Minum dengan tangan kanan
|
9.Meneruskan
pola gambar tempat minuman (botol,gelas, cangkir,teko dll)
|
|
|
3.4.7.dan
4.4.7.Minumanyangsehat
|
10.Bermain
kartu huruf,menghubungkan gambar dengan tulisan.
|
|
|
3.5.3.dan
4.5.3.Menyusun puzel gambar botol
|
11. Mengisi
botol dengan air minum
|
|
|
minuman
|
12.Memilih
minuman yang sehat
|
|
|
3.6.4.dan
4.6.4.Meneruskan pola alat-alat minum
|
13.Penjumlahan
dengan benda
|
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Konsep bilangan
|
14.Menghiasi
gambar teko
|
|
|
3.9.1.dan
4.9.1.Pengenalan alat-alat minum
|
15.Mengurutkan
bilangan
|
|
|
3.10.2 dan
4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata
|
16.Berjalan
sambil membawa gelas berisi air dan tidak tumpah
|
|
|
3.12.2.dan
4.12.2.Huruf awal sama nama minuman
|
17.Mencari
perbedaan dua benda (minuman)
|
|
|
3.14.3.dan 4.12.3Minumankesukaanku
|
18.Memasangkan
benda sesuai pasangaanya
|
|
|
|
19.Menirukan
3 – 4 urutan kata (gambar
minuman sehat)
|
|
|
|
20.Menyusun
benda dari besar – kecil
|
|
|
|
21.Membuat
mainan dari gelas aqua
|
|
|
|
22.Bercerita
tentang pengalaman
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
TEMA :KEBUTUHANKU
KELOMPOK : B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 9
KD:1.1, 2.2.
2.4, 2.6, 2.7, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6,
3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12 3.14,
4.14.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
PAKAIAN
|
1.1.4.Bersyukur
atasnikmat Tuhan(bahan pakaian)
|
1.Berdiskusi
tentang guna,macam pakaian
|
|
- Manfaat
|
2.2.1.Mencoba
menjahit baju boneka
|
2.Doa
sebelum memakai pakaian
|
|
- Bahan
|
2.4.2.Gerakan
sederhana
|
3.Memilih
baju sesuai kebutuhan
|
|
- Jenis
|
2.6.5.Tata
cara berpakaian yang sopan dan rapi
|
4.Lomba
memakai baju
|
|
- Cara
membuat
|
2.7.2.Budaya
antri
|
5.Melipat
baju
|
|
- Cara
merawat
|
2.13.1.Tidak
mengambil barang milik orang lain
|
6.Menghitung
baju
|
|
|
2.14.1.Kebiasaan
mengucap terimakasih
|
7.Menjahit
kain bentuk baju boneka
|
|
|
3.1.2&
4.1.2.Berdoa sebelum berpakaian
|
8.Menunjukkan
bahan/alat untuk membuat baju
|
|
|
3.3.3 dan
4.3.3.Memakai baju sesuai ukurannya
|
9.Menggunting
pola pakaian
|
|
|
3.4.4.dan
4.4.4.Berpakaian rapisesuai kebutuhan
|
10.Menyanyi
lagu baju baru
|
|
|
3.5.1.dan
4.5.1.Konsep penjumlahan
|
11.Membatik
gambar baju
|
|
|
3.5.3.dan
4.5.3.Menyusun puzel gambar pakaian
|
12.Menebali
suku kata awal gambar pakaian
|
|
|
3.6.4.dan 4.6.4.Meneruskan
pola pakaian
|
13.Menggambarbaju
dan mewarnainya sesuaikesukaan
anak
|
|
|
3.9.1.dan
4.9.1.Pengenalan alat-alat menjahit
|
14.Mengurutkan
cara membuat baju
|
|
|
3.10.2 dan
4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata
|
15.Penjumlahan
dengan benda-benda (topi,dasi dll)
|
|
|
3.12.2.dan
4.12.2.Huruf awal sama jenis pakaian
|
16.Bermain
puzel
|
|
|
3.14.3.dan
4.12.3.Pakaiankesukaanku
|
17.Menirukan
gerakan menjahit baju
|
|
|
|
18.Mengelompokkan
bentuk-bentuk geometri pada gambar baju
|
|
|
|
19.Menghitung
hasil penjumlahan gambar dasi
|
|
|
|
20.Merapikan
bajunya sendiri
|
|
|
|
21.Menjiplak
pola baju
|
|
|
|
22.Mengelompokkan
baju sesuai jenisnya
|
|
|
|
23.Mewarnai
gambar baju seragam
|
|
|
|
24.Mengukur
lingkar badan
|
|
|
|
25.Memercik
dengan sisir (pola guntung)
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
TEMA :KEBUTUHANKU
KELOMPOK : B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 10
KD:1.1, 2.2.
2.4, 2.6, 2.7, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6,
3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12,3.14, 4.14.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
KEBERSIHAN,KESEHATAN
|
1.1.4.Bersyukur
atasnikmat Tuhan(sehat)
|
1.Berdiskusi
tentang mengapa harus sehat
|
|
KEAMANAN
|
2.2.1.Mencoba
membuat jamu jawa (kunyit)
|
2.Tata cara
buang air yang benar
|
|
- Manfaat
|
2.4.2.Gerakan
sederhana
|
3.Menunjukkan
alat-alat kebersihan badan
|
|
- Cara
memelihara
|
2.6.5.Tata
cara minum obat yang benar
|
4.Story
reading
|
|
- Alat –
alat kebersihan
|
2.7.2.Antrimengambil
resep /obat
|
5.Senam
sehat ceria
|
|
- Akibat
hidup tidak bersih
|
2.13.1.Tidak
mengambil barang milik orang lain
|
6.Mengelompokkan
macam-macam obat, benda – benda berbahaya
|
|
- Obat dan
benda- benda yang berbahaya
|
2.14.1.Kebiasaan
mengucap terimakasih
|
7.Membuat
jamu jawa (kunyit)
|
|
|
3.1.2&
4.1.2.Berdoasebelum minum obat
|
8.Membuat
bentuk sabun,sikat gigi,odol dengan plastisin
|
|
|
3.3.5 dan
4.3.5.Senam
|
9.Mencocok
bentuk jaket
|
|
|
3.4.8.dan
4.4.8.Tata cara buang air yang benar
|
10.Montase
gambar obat-obatan
|
|
|
3.5.1.dan
4.5.1.Konsep penjumlahan
|
11.Menirukan
4 urutan kata
|
|
|
3.6.4.dan
4.6.4.Meneruskan pola alat kebersihan
|
12.Menimbang
berat badan, mengukur lingkar
kepala,tinggi badan
|
|
|
3.9.1.dan
4.9.1.Pengenalan alat-alat kebersihan
|
13.Menjumlahkan
benda - benda
|
|
|
3.10.2 dan
4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata
|
14.Melengkapi
kata pada gambar alat-alat kebersihan
|
|
|
3.12.1.dan
4.12.1.Huruf vokal dan konsonan
|
15.Bermain
lompat tali, bola
|
|
|
3.14.2.dan
4.14.2.Senang berolahraga
|
16.Menghubungkan
gambar dengan kata (alat – alat untuk mandi)
|
|
|
|
17.Membuat
mainan dengan bekas bungkus sabun mandi
|
|
|
|
18.Bercerita
tentang anak yang tidak menjaga kesehatan
|
|
|
|
19.Memilih
benda – benda yang berbahaya bagi diri anak
|
|
|
|
20.Bercerita
tentang pengalaman anak
|
|
|
|
21.Bermain
peran
|
|
|
|
22.Menirukan
gerakan sederhana
|
|
|
|
23.Menceritakan
urutan mandi
|
|
|
|
24.Menggosok
gigi
|
|
|
|
25.Menjiplak
sikat gigi
|
|
|
|
26.Menghitung
sikat dan menulis angkanya
|
|
|
|
27.Bermain
pusel
|
|
|
|
28.Menggambar
benda- benda yang berbahaya
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
TEMA :BINATANG
KELOMPOK : B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 11
KD:1.1, 2.3,
2.4, 2.5.2.6, 2.9, 2.12, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.8,
4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.13, 4.13, 3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
BINATANG
DARAT
|
1.1.3.Macam-macam
binatang darat
|
1.Berdiskusi
tentang binatang yang hidup di darat
|
|
- ciri –
cirinya
|
2.3.1.Gambar-gambar
binatang darat
|
2.Mengelompokkan
gambar binatang darat
|
|
-
perkembangbiakan
|
2.4.2.Gerakan/jalannyabinatang
|
3.Bercerita
tentang pengalaman
|
|
- makanannya
|
2.5.6.Cerita
pengalaman anak
|
4.Permaianan
ular naga
|
|
- menfaatnya
|
2.6.4.Sportif
dalam permainan
|
5.Gerak lagu
ayam trondol
|
|
- bahayanya
|
2.9.1.Cerita
bergambar ttg tolong menolong
|
6.Mencari
jejak kandang ayam
|
|
|
2.12.4.Memberi
makan binatang
|
7.Memberi
makan kucing /ayam
|
|
|
3.2.7 &
4.2.7.Tidak menyakiti binatang
|
8.Melompat
seperti kelinci
|
|
|
3.3.4 &
4.3.4.Melompat seperti binatang
|
9.Mengurutkan
gambar seri perkembangbiakan ayam
|
|
|
3.5.2 dan
4.5.2.Mencari jejak rumah binatang
|
10.Bersyair
ayamku
|
|
|
3.6.6.dan
4.6.6.Suara –suara binatang darat
|
11.Suku kata
awal sama nama-nama binatang darat
|
|
|
3.7.7.dan
4.7.7.Permainan ular naga /gerak lagu ayam trondol
|
11.Menirukan
suara-suara binatang darat
|
|
|
3.8.7.dan
4.8.7.Perkembang biakan binatang darat
|
12.Melukis
dengan bulu ayam
|
|
|
3.10.4.dan
4.10.4.Suku kata awal/akhir nama binatang darat
|
13.Menggoreng
telur ayam
|
|
|
3.11.4.dan
4.11.4.Syair tentangbinatang darat
|
14.Berdiskusi
tentang makanan ayam
|
|
|
3.13.2.dan
4.13.2.Beradaptasi dengan lingkungan
|
15.Menggambar
binatang peliharaan
|
|
|
3.15.4.dan
4.15.4.Tertarik pada aktifitas seni
|
16.Menghitung
bentuk-bentuk geometri dalam gambar ayam
|
|
|
|
17.Melengkapi
kalimat yang sudah dimulai guru
|
|
|
|
18.Membuat
mainan dengan cangkang telur
|
|
|
|
19.Menebali
garis pada gambar kelinci
|
|
|
|
20.Senam
fantasi menirukan jalannya bebek
|
|
|
|
21.Membuat
kandang dengan balok – balok
|
|
|
|
22.Membuat
bentuk ular dari kertas
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
TEMA :BINATANG
KELOMPOK : B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 12
KD:1.1, 2.3,
2.4, 2.5.2.6, 2.9, 2.12, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.8,
4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11,3.13, 4.13, 3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
BINATANG
YANG HIDUP
|
1.1.3.Macam-macam
binatang air
|
1.Berdiskusi
tentang macam-macam binatang air, amphibi
|
|
DI AIR
|
2.3.1.Gambar-gambar
binatang air
|
2.Menirukan
gerakan ikan berenang
|
|
(air tawar,
laut)
|
2.4.2.Gerakan/jalannyabinatang
|
3.Bercerita
tentang ikan piaraannya
|
|
- ciri –
ciri
|
2.5.6.Cerita
pengalaman anak
|
4.Memberi
makan ikan
|
|
-
perkembangbiakan
|
2.6.6.Mengembalikan
mainan pada tempatnya
|
5.Membuat
aquarium dengan balok-balok
|
|
- makanannya
|
2.9.1.Cerita
bergambar ttg tolong menolong
|
6.Menceri
jejak
|
|
- manfaatnya
|
2.12.4.Memberi
makan binatang (ikan)
|
7.Menghitung
ikan
|
|
- bahayanya
|
3.2.7 &
4.2.7.Tidak menyakiti binatang
|
8.Menebali
suku kata awal nama binatang air
|
|
|
3.3.4&
4.3.4.Berenang seperti binatang air
|
9.Permainan
menjala ikan
|
|
|
3.5.2 dan
4.5.2.Mencari jejak aquarium
|
10.Menyanyi
lagu ikanku
|
|
|
3.6.7.dan
4.6.7.Konsep dan lambang bilangan
|
11.Bersyair
ikanku
|
|
|
3.7.7.dan
4.7.7.Permainan menjaring ikan
|
12.Melipat
kertas menjadi bentuk ikan
|
|
|
3.8.7.dan
4.8.7.Perkembang biakan binatang air
|
13.Mengelompokkan
gambar binatang yang hidup di air
|
|
|
3.10.4.dan
4.10.4.Suku kata awal/akhir nama bntg air
|
14.Mengurutkan
gambar ikan dari yang paling kecil-besar
|
|
|
3.11.4.dan
4.11.4.Syair tentang binatang air
|
15.Memberikan
keterangan / informasi
|
|
|
3.11.6.dan
4.11.6.Mengulang kalimat
|
16.Menghubungkan
tulisan dengan simbol
|
|
|
3.13.4.dan
4.13.4.Mau bermain dengan teman
|
17.Mengisi
pola gambar ikan dengan biji-bijian
|
|
|
3.15.4.dan
4.15.4.Tertarik pada aktifitas seni
|
18.Melompat
seperti katak
|
|
|
|
19.Membuat
berbagai bentuk ikan
|
|
|
|
20.Menceritakan
isi gambar yang telah dibuatnya
|
|
|
|
21.Bermain
memancing ikan
|
|
|
|
22.Mengelompokkan
jenis binatang laut
|
|
|
|
23.Makan –
makanan berprotein (ikan laut)
|
|
|
|
24.Mengulang
kalimat yang sudah didengar
|
|
|
|
25.Kolase
gambar ikan lele dengan kertas
|
|
|
|
26.Mewarnai
gambar katak
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
TEMA :BINATANG
KELOMPOK : B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 13
KD:1.1, 2.3,
2.4, 2.5.2.6, 2.9, 2.12, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.8,
4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11,
3.13, 4.13,
3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
BINATANGYANG
BISA
|
1.1.7.Tidak
menyakiti ciptaan Tuhan (binatang)
|
1.Menggambar
bebas binatang yang bisa terbang
|
|
TERBANG
|
2.3.1.Gambar-gambar
binatang yang bisa terbang
|
2.Membaca
buku cerita bergambar
|
|
- jenisnya
|
2.4.2.Gerakan
binatang yang bisa terbang
|
3.Menirukan
suara –suara burung, lebah
|
|
- ciri –
cirinya
|
2.5.6.Cerita
pengalaman anak
|
4.Membuat
sangkar burung dengan sedotan
|
|
- makanannya
|
2.6.6.Mengembalikan
mainan setelah digunakan
|
5.Mengurutkan
gambar seri perkembang biakan kupu-kupu
|
|
- perkembang-biakan
|
2.9.1.Cerita
bergambar ttg tolong menolong
|
6.Menggunting
dan menempel kertas menjadi bentuk lebah
|
|
- manfaatnya
|
2.12.4.Memberi
makan burung
|
7.Memberi
makan burung paraan
|
|
- bahayanya
|
3.2.7 dan 4.2.7.Berbuat baik terhadap makluk
Tuhan
|
8.Menghitung
penjumlahan pada gambar capung
|
|
|
3.3.4
dan 4.3.4.Terbang seperti
kupu/burung
|
9.Membuat
sajak sederhana
|
|
|
3.5.2 dan
4.5.2.Mencari jejak rumah burung dara
|
10.Melengkapi
kata dari nama binatang yang bisa terbang
|
|
|
3.5.1.dan
4.5.1.Konsep penjumlahan
|
11.Bercerita
tentang pengalaman anak
|
|
|
3.6.6.dan
4.6.6.Suara –suara burung
|
12.Mencocokkan
bilangan dengan lambang bilangan
|
|
|
3.7.7.dan
4.7.7.Permainan menjaring kupu-kupu
|
13.Menghitung
jumlah gambar telur burung bangau
|
|
|
3.8.7.dan 4.8.7.Perkembangbiakan
kupu-kupu / burung
|
14.Mengisi
pola gambar burung dengan garis lengkung
|
|
|
3.10.4.dan
4.10.4.Suku kata awal/akhir nama
|
15.Menirukan
gerakan kupu-kupu, burung
|
|
|
Binatang
yang bisa terbang
|
16.Berdiri
di atas satu kaki seperti burung bangau
|
|
|
3.11.4.dan
4.11.4.Syair tentang binatang yg bisa
|
17.Mencari
jejak gambar rumah burung dara (pagupon)
|
|
|
yang bisa
terbang
|
18.Mencetak
dengan jari bentuk capung
|
|
|
3.13.2.dan
4.13.2.Beradaptasi dengan lingkungan
|
19.Menyebutkan
perbedaan kupu – kupu dan capung
|
|
|
3.15.4.dan
4.15.4.Tertarik pada aktifitas seni
|
20.Menyrbutkan
posisi benda
|
|
|
|
21.Membuat
bentuk sarang lebah
|
|
|
|
22.Menunjukkan
gerakan – gerakan sederhana
|
|
|
|
23.Membuat
garis melingkar seperti obat anti nyamuk
|
|
|
|
24.Membuat
bentuk tudung saji
|
|
|
|
25.Menghafal
nama lotion anti nyamuk
|
|
|
|
26.Menceritakan
akibat makan makanan yang tidak ditutupi
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
TEMA :TANAMAN
KELOMPOK : B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 14
KD:1.1, 1.2,
2.2, 2.3. 2.4, 2.9, 2.10, 2.13, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.11,
4.11, 3.12.4.12.3.13, 4.13,3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
TANAMAN
JENIS POHON
|
1.1.3.Macam-macam
tanaman jenis pohon
|
1.Membedakan
tanaman berkayu dan tidak berkayu
|
|
(Berkayu
& tidak berkayu)
|
1.2.7.Melestarikan
tanaman
|
2.Menganyam
dengan daunkelapa/bilah-bilah bambu
|
|
- manfaatnya
|
2.2.1.Menyiram
tanaman
|
3.Menyebutkan
bagian-bagian tanaman
|
|
- jenisnya
|
2.3.2.Berkreasi
dengan bahan alam
|
4.Mengurutkan
pola gambar bagian-bagian tanaman
|
|
- bagian –
bagian tanaman
|
2.4.4.Berkebun
|
5.Mengelompokkan
daun berdasarkan bentuknya
|
|
- cara
menanam
|
2.9.1.
Gotong royong
|
6.Berjalan
di atas papan titian dari kayu
|
|
|
2.10.4.Dapat
bekerja kelompok
|
7.Menghubungkan
gambar dengan kata (bagian – bagian tanaman)
|
|
|
2.13.3.Mengembalikan
milik orang lain
|
8.Membuat
topi dari daun-daunan
|
|
|
3.2.1.dan
4.2.1.Mengucap terima kasih
|
9.Mengulang
kalimat sederhana
|
|
|
3.3.6.dan
4.3.6.Koordinasi motorik halus
|
10.Mengurutkan
gambar seri pertumbuhan tanaman
|
|
|
3.6.2.dan
4.6.2.Pengenalan bentuk -bentuk
|
11.Menyebutkan
huruf vokal dan konsonan
|
|
|
3.8.6.dan
4.8.6.Pertumbuhan tanaman
|
12.Bermain
dengan balok-balok
|
|
|
3.11.6.dan
4.11.6.Mengulang kalimat
|
13.Memasangkan
benda sesuaipasangannya
|
|
|
3.12.1.dan
4.12.1. Pengenalan huruf vokal dan kkonsonan
|
14.Melompat
dengan rintangan
|
|
|
3.13.5.dan
3.13.5.Kerja kelompok
|
15.Memindahkan
biji jagung ke dalam gelas aqua
|
|
|
3.15.2.dan
4.15.2. Perbedaan bunyi/warna benda
|
16.Mengurutkan
bilangan sesuai jumlah pohon
|
|
|
benda
disekitar.
|
17.Mengelompokkan
kata-kata sejenis
|
|
|
|
18.Membuat
garis lengkung pada gambar pohon kelapa (bentuk daun)
|
|
|
|
19.Menirukan
gerakan pohon tertiup angin
|
|
|
|
20.Berjalan
di atas tempurung kelapa
|
|
|
|
21.Mencetak
dengan pelepah pisang
|
|
|
|
22.Membuat
mainan dengan pelepah pisang (kuda – kudaan)
|
|
|
|
23.Bermain
kentongan dari bambu
|
|
|
|
24.Bermain
simpai
|
|
|
|
25.Melengkapi
gambar pohon mangga (buahnya)
|
|
|
|
26.Makan
buah pepaya
|
|
|
|
27.Menjiplak
bentuk daun pepaya
|
|
|
|
28.Melompat
dengan rintangan
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
TEMA :TANAMAN
KELOMPOK : B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 15
KD:1.1, 1.2,
2.2, 2.3. 2.4, 2.9, 2.10, 2.13, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.11,
4.11, 3.12.4.12.3.13, 4.13,
3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
TANAMAN
HIAS&
|
1.1.3.Macam-macam
tanaman hias
|
1.Bersyukur
atas nikmat Tuhan
|
2
|
TANAMAN
PERDU
|
1.2.7.Melestarikan
tanaman
|
2.Menyiram
bunga ditaman
|
|
- manfaatnya
|
2.2.1.Menyiram
bunga
|
3.Menanam
bunga bersama-sama
|
|
- jenisnya
|
2.3.2.Berkreasi
dengan bahan alam
|
4.Mencetak
dengan jari pada gambar terung
|
|
- bagian –
bagiannya
|
2.4.4.Berkebun
|
5.Mengelompokkan
benda berdasarkan bentuk,warna dll
|
|
- cara
menanam
|
2.9.1.
Gotong royong
|
6.Menggambar
bebas tanaman hias. perdu
|
|
|
2.10.4.Dapat
bekerja kelompok
|
7.Menceritakan
pertumbuhan tanaman bunga / perdu
|
|
|
2.13.3.Mengembalikan
milik orang lain
|
8.Menulis
nama-nama bunga, tanamanoerdu
|
|
|
3.2.1.dan
4.2.1.Mengucap terima kasih
|
9.Menghitung
bunga, daun
|
|
|
3.3.6.dan
4.3.6.Koordinasi motorik halus
|
10.Penjumlahan
dengan benda – benda(bunga / terung / tomat)
|
|
|
3.6.2.dan
4.6.2.Pengenalan bentuk -bentukbunga
|
11.Kerja
kelompok membuat bunga dari kertas dengan cara melipat
|
|
|
3.8.6.dan
4.8.6.Peetumbuhan tanaman
|
12.Permaian
fisik :”Bungatertutup,bunga terbuka”
|
|
|
3.11.6.dan
4.11.6.Mengulang kalimat
|
13.Meneruskan
pola bagian2 bunga :putik,benang sari, kelopak,mahkota
|
|
|
3.12.1.dan
4.12.1. Pengenalan huruf vokal dan
|
14.Gerak dan
lagu “ Lihat kebunku “
|
|
|
konsonan
|
15.Berdiskusi
tentang tanaman hias & perdu (bagian – bagian tanaman)
|
|
|
3.13.5.dan
3.13.5.Kerja kelompok
|
16.Menyanyi
lagu “Semua Bunga”
|
|
|
3.15.2.dan
3.15.2. Perbedaan warna bunga
|
17.Meronce bunga
melati
|
|
|
|
18.Melengkapi
huruf vokal dari nama – nama bunga
|
|
|
|
19.Melengkapi
gambar bunga dengan lipatan kertas
|
|
|
|
20.Berdiskusi
tentang cara melestarikan tanaman
|
|
|
|
21.Bercerita
tentang gambar yang telah dibuatnya
|
|
|
|
22.Membuat
bentuk dari plastisin
|
|
|
|
23.Menggunting
gambar cabe
|
|
|
|
24.Mengurutkan
benda dari besar sampai kecil
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
TEMA :TANAMAN
KELOMPOK : B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 16
KD:1.1, 1.2,
2.2, 2.3. 2.4, 2.9, 2.10, 2.13, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.11,
4.11, 3.12.4.12.3.13, 4.13,3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
TANAMAN
JENIS
|
1.1.3.Macam-macam
tanaman jenis sayur, apotik hidup
|
1.Berdiskusi
tentang macam-macam sayuran
|
|
SAYUR
|
1.2.7.Melestarikan
tanaman
|
2.Membedakan
bentuk,warna sayuran
|
|
APOTIK HIDUP
|
2.2.1.Mencoba
hal baru
|
3.Diskusi
tentang tanaman apotik hidup
|
|
- manfaatnya
|
2.3.2.Berkreasi
dengan bahan alam
|
4.Membeli
sayur di pasar
|
|
- jenisnya
|
2.4.4.Berkebun
|
5.Menebali
huruf nama-nama sayuran
|
|
- bagian –
bagiannya
|
2.9.2.
Tenggang rasa
|
6.Mencetak
gambar dengan batang kangkung
|
|
- cara
menanam
|
2.13.3.Mengembalikan
milik orang lain
|
7.Memasak
sayur bersama
|
|
|
3.2.1.dan
4.2.1.Mengucap terima kasih
|
8.Mengelompokkan
tanaman jenis sayuran
|
|
|
3.3.6.dan
4.3.6.Koordinasi motorik halus
|
10.Menceritakan
cara memasak sayur
|
|
|
3.6.2.dan
4.6.2.Pengenalan bentuk -bentuksayuran
|
11.Menganyam
bentuk keranjang sayur
|
|
|
3.8.6.dan
4.8.6.Pertumbuhan tanaman
|
12.Bermain
peran sebagai tukang sayur
|
|
|
3.11.6.dan
4.11.6.Mengulang kalimat
|
13.Menanam
sayur
|
|
|
3.12.1.dan
4.12.1. Pengenalan huruf vokal dan konsonan
|
14.Diskusi
tentang cara menanam sayuran
|
|
|
3.13.5.dan
3.13.5.Kerja kelompok
|
15.Menjplak
dengan daun bayam
|
|
|
3.15.2.dan
3.15.2. Perbedaan warnasayuran
|
16.Mengulang
kalimat
|
|
|
|
17.Diskusi
tentang asupan gizi dalam sayuran
|
|
|
|
18.Meronce
dengan wortel
|
|
|
|
19.Berlari
sambil melompat
|
|
|
|
20.Memotong
sayuran
|
|
|
|
21.Mengisi
mangkok dengan sayur
|
|
|
|
22.Menghitung
daun bayam
|
|
|
|
23.Membuat
urutan bilangan pada gambar wortel
|
|
|
|
24.Menceritakan
perbedaan dua benda (bayam & kangkung dll)
|
|
|
|
25.Meniru
pola bentuk mangkok sayur
|
|
|
|
26.Minum
jamu kencur
|
|
|
|
27.Mewarna
dengan kunyit, daun pandan
|
|
|
|
28.Menyebutkan
nama masakan sayur
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
TEMA :TANAMAN
KELOMPOK : B
SEMESTER /
MINGGU : 1 / 17
KD:1.1, 1.2,
2.2, 2.3. 2.4, 2.9, 2.10, 2.13, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.11, 4.11,
3.12.4.12.3.13, 4.13,
3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
TANAMAN
JENIS BUAH
|
1.1.3.Macam-macam
tanaman jenis buah & umbi
|
1.Bercakap
tentang tanaman jenis buah,umbi
|
2
|
TANAMAN
JENIS UMBI
|
1.2.7.Melestarikan
tanaman
|
2.Menceritakn
cara makan buah yang benar
|
|
- manfaatnya
|
2.2.1.Mencoba
hal baru
|
3.Bermain
mengelompokkan buah-buahan dari plastik
|
|
- jenisnya
|
2.3.2.Berkreasi
dengan bahan alam
|
4.Membedakan
bentuk,warna buah
|
|
- bagian –
bagiannya
|
2.4.4.Berkebun
|
5.Berceita tentang
pengalaman
|
|
- cara
menanam
|
2.9.2.
Tenggang rasa
|
6.Berdiskusi
tentang tanaman umbi-umbian
|
|
|
2.10.4.Dapat
bekerja kelompok
|
7.Menggambar
bebas macam-macam buah
|
|
|
2.13.3.Mengembalikan
milik orang lain
|
8.Montase
gambar buah-buahan
|
|
|
3.2.1.dan
4.2.1.Mengucap terima kasih
|
9.Membuat
jus buah
|
|
|
3.3.6.dan
4.3.6.Koordinasi motorik halus
|
10.Menggoreng
/ makan makanan dari umbi jalar
|
|
|
3.6.2.dan
4.6.2.Pengenalan bentuk buah2an
|
11.Menimbang
buah dengan timbangan mainan
|
|
|
3.8.6.dan
4.8.6.Pertumbuhantanaman
|
12.Berjalan
ke samping membawa buah di atas kepala
|
|
|
3.11.6.dan
4.11.6.Mengulang kalimat
|
13.Mengelompokkan
tanaman jenis buah /umbi
|
|
|
3.12.1.dan
4.12.1. Pengenalan huruf vokal dankonsonan
|
14.Melengkapi
huruf vokal nama-nama buah
|
|
|
3.13.5.dan
3.13.5.Kerja kelompok
|
15.Pengenalan
bentuk-bentuk buah
|
|
|
3.15.2.dan
3.15.2. Perbedaan warnabuah
|
16.Mengisi
pola gambar jambu dengan bentuk lingakaran
|
|
|
|
17.Melempar
dan menangkap kantong biji-bijian
|
|
|
|
18.Menghitung
jumlah buah
|
|
|
|
19.Membuat
bentuk buah sesuai angka
|
|
|
|
20.Membuat
kalung dari tangkai daun ketela
|
|
|
|
21.Memasangkan
bagian – bagian tanaman dengan kata
|
|
|
|
22. Mencetak dengan umbi jalar
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
WIWIN
DINA SUSANTI, S.Kom IRAWATI
semoga bermanfaat ;)
Komentar
Posting Komentar