TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1

 

TEMA 3. PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP

SUBTEMA 2. KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU

PEMBELAJARAN 1

 

Muatan Bahasa Indonesia KD 3.3 dan 4.3

Narasumber dalam Wawancara

Narasumber bertugas memberikan informasi yang dibutuhkan pewawancara dengan menjawab pertanyaan. Sebelum melakukan wawancara, kitaharus menentukan narasumber yang tepat. Narasumber yang akan kita wawancarai sebaiknya memenuhi syarat berikut:

1.    Memiliki pengetahuan di bidang tertentu yang berkaitan dengan topik wawancara;

2.    Memiliki keahlian tertentu dalam suatu bidang yang berkaitan dengan topik; dan

3.    3. Mengalami atau terlibat dalam peristiwa yang berkaitan dengan topik.

Narasumber merupakan orang yang berperan penting dalam wawancara. Oleh karena itu, narasumber sebaiknya diperlakukan dengan baik oleh pewawancara, baik sebelum, saat, maupun setelah wawancara. Sikap-sikap pewawancara yang baik kepada narasumber, yaitu:

1.    Memperkenalkan diri kepada calon narasumber, serta menyatakan maksud dan tujuan wawancara yang jelas;

2.    Meminta kesediaan seseorang untuk menjadi narasumber menggunakan Bahasa yang santun;

3.    Menepati janji wawancara dengan narasumber pada waktu dan tempat yang telah disepakati;

4.    Melayani narasumber dengan baik, misalnya memberikan makanan atau minuman saat wawancara;

5.    Berbicara menggunakan bahasa yang santun dan interaktif saat wawancara;

6.    Mengajukan pertanyaan wawancara dengan jelas,serta mengulangi pertanyaan jika narasumber kurang paham;

7.    Tidak menyela atau memotong penjelasan narasumber saat menjawab pertanyaan; dan

8.    Mengucapkan terima kasih setelah melakukan wawancara.

 

Ayo berlatih

Perhatikan kutipan wawancara berikut!

Percakapan 1

Wahyu           : Saya mau mewawancarai Bapak, nih. Apa boleh?

Pak Tani        : Iya, nak. Silahkan.

Percakapan 2

Budi                : Selamat siang, Pak. Saya ingin mewawancarai Bapak. Apakah Bapak bersedia?

Pak Tani        : Iya, Nak. Silahkan.

1.    Manakah yang menunjukkan penggunaan bahasa yang baik saat wawancara?

2.    Bagaimana pendapatmu tentang perbedaan bahasa yang digunakan pada kedua percakapan?

3.    Mengapa kita harus menggunakan bahasa yang santun saat wawancara?

4.    Tuliskan contoh penggunaan bahasa yang santun saat wawancara!

 

 

Muatan IPS KD 3.1 dan 4.1

Melestarikan Sumber Daya Alam

Burung cendrawasih adalah burung khas Indonesia yang ada di Kawasan hutan tropis Papua dan sekitarnya. Hal inilah yang menyebabkan burung tersebut Hal inilah yang menyebabkan burung tersebut dikelompokkan ke dalam satwa endemic. Burung cendrawasih termasuk ka dalam marga Paradisae, yang jika diterjemahkan artinya burung surga. Burung cendrawasih memiliki ciri khusus. Salah satunya, warna bulu yang indah dengan kombinasi beberapa warna yang mencolok, seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau, dan ungu. Warna bulu tersebut membuat burung cendrawasih terlihat lebih indah dibandingkan burung yang lain.

Burung cendrawasih saat ini termasuk hewan langka sehingga harus dilindungi. Burung cendrawasih hanya boleh dipelihara oleh pemerintah di tempat konservasi hewan seperti kebun binatang. Hal ini dilakukan untuk tujuan pendidikan, pengetahuan, dan wisata. Mari kita ikut serta melestarikan burung cendrawasih dengan cara tidak memperjualbelikannya, tidak memelihara burung cendrawasih perorangan, dan tidak merusak habitat aslinya di hutan.

 

Ayo Berlatih

Kerjakan soal-soal berikut berdasarkan teks di atas!

1.    Bagaimana ciri-ciri burung cendrawasih?

2.    Tuliskan dua contoh cara melestarikan burung cendrawasih!

3.    Apa tujuan pemerintah memelihara burung cendrawasih di konservasi hewan?

4.    Tuliskan tempat konservasi hewan langka di Indonesia yang kamu ketahui!

5.    Apa saja hewan di Indonesia yang dilindungi selain burung cendrawasih?


 

Keterampilan Portofolio

1.    Pilihlah hewan langka di bawah ini.

·         Harimau Sumatra

·         Badak Sumatra

·         Orangutan

·         Jalak bali

·         Komodo

·         Gajah

2.    Carilah informasi dari buku, majalah, atau internet tentang hewan yang kamu pilih. Mintalah bantuan orang tua saat mencari informasi di internet. Informasi meliputi:

·         Ciri-ciri hewan

·         Tempat tinggal hewan

·         Penyebab hewan-hewan tersebut menjadi langka, dan

·         Cara melestarikan hewan-hewan tersebut.

3.    Tuliskan juga saranmu dalam menjaga kelestarian hewan tersebut.

4.    Kumpulkan tugasmu untuk dinilai.

 

Muatan IPA KD 3.8 dan 4.8

Pemanfaatan Hewan sebagai Sumber Daya Alam

Hewan dimanfaatkan sebagai bahan makanan, bahan obat-obatan, dan dimanfaatkan tenaganya oleh manusia. Contoh pemanfaatan hewan oleh manusia, antara lain:

1.    Ayam dan bebek dimanfaatkan untuk diambil telur dan dagingnya.

2.    Kerbau dan sapi dimanfaatkan untuk diambil daging dan tenaganya untuk membajak sawah.

3.    Ikan koi, kucing, dan kelinci dimanfaatkan untuk hewan peliharaan.

Hewan juga berperan dalam menjaga keseimbangan alam. Contohnya, ular memakan tikus, sehingga jumlah tikus di sawah tidak berlebihan. Oleh karena itu, tanaman padi tidak habis dimakan tikus sehingga petani dapat memanen padi. Ular di sawah tersebut berfungsi menjaga keseimbangan alam, yaitu keseimbangan jumlah tikus dan tanaman padi.

Apa akibatnya jika keseimbangan alam tidak terjaga? Sebagai contoh, apa yang akan terjadi jika ular sawah musnah atau hilang dari sawah? Tikus sebagai hama padi tidak ada pemangsanya lagi. Jumlah tikus akan semakin banyak. Akibatnya, tanaman padi akan habis dimakan tikus. Petani tidak dapat memanen padi

Keseimbangan alam harus kita jaga, agar tidak menimbulkan masalah bagi manusia dan lingkungan. Berikut contoh cara menjaga kesembangan alam.

1.    Tidak memanfaatkan hewan secara berlebihan. Pemanfaatan yang berlebihan akan menyebabkab hewan tersebut menjadi langka atau bahkan punah.

2.    Menjaga habitat atau tempat hidup hewan. Misalnya, tidak merusak tumbuhan di hutan.

3.    Tidak membeli barang yang berasal dari bagian tubuh hewan langka.

 

 

Keterampilan Portofolio

Membuat Daftar Hewan yang Terancam Punah

Ayo, membuat poster tentang hewan langka atau terancam punah.

Langkah Kegiatan:

1.    Siapkan lem, spidol berwarna, dan kertas karton.

2.    Carilah satu gambar hewan langka, seperti burung cendrawasih, burung kakatua, orangutan, atau anoa.

3.    Cetaklah foto hewan tersebut dan tempelkan di kertas karton.

4.    Tuliskan informasi mengenai nama hewan, perang hewan dalam habitatnya, pemanfaatan yang sering dilakukan oleh manusia, dan akibat jika hewan tersebut punah.

5.    Kumpulkan poster buatanmu untuk dinilai.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAPPILAJARANG 5 ARU