TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6

 

TEMA 3. PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP

SUBTEMA 2. KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU

PEMBELAJARAN 6

Laporan Wawancara

Kita mengajukan berbagai pertanyaan untuk menggali informasi penting dari narasumber saat wawancara.

Semua informasi yang kita dapat sebaiknya jangan cuma kita ingat, melainkan kita catat dalam bentuk laporan hasil wawancara.

Laporan hasil wawancara bertujuan untuk memudahkan orang lain membaca dan mengetahui informasi penting yang telah kita peroleh.

 

Melestarikan Hewan Langka

Manusia wajib melestarikan hewan langka. Pelestarian hewan langka dilakukan dengan cara penangkaran hewan langka oleh Lembaga yang berwenang. Salah satunya dengan mendirikan suaka margasatwa dan taman nasional. Dengan melestarikan dan melindungi hewan langka, keseimbangan alam dapat terjaga.

 

Ayo berlatih

1.    Carilah informasi mengenai hewan yang terancam punah di Indonesia. Tuliskan sedikitnya 5 hewan langka yang terancam punah!

2.    Tulislah kewajiban yang harus kamu lakukan agar hewan tersebut tidak punah!

3.    Tuliskan pula hak yang akan kamu peroleh setelah menjalankan kewajiban tersebut!

4.    Berikan contoh sikap tidak menjalankan kewajiban melestarikan hewan langka!

5.    Apa saja akibat kepunahan hewan langka terhadap kehidupan?

 

Keterampilan Kinerja Praktik

Melakukan Wawancara sesuai Topik

Ada berbagai macam tanaman di sekitar kita, salah satunya tanaman hias. Ayo, lakukan wawancara dengan orang yang memelihara tanaman hias di sekitarmu, mislanya anggrek, kaktus, mawar, atau tanaman hias lainnya. Kamu dapat mewawancarai orang tuamu, saudaramu, atau petugas kebun sekolahmu. Buatlah daftar pertanyaan tentang tanaman hias! Susunlah kegiatan wawancaramu pada kolom berikut ini!

Topik Wawancara   :

Narasumber            :

Pewawancara         :

Waktu dan Tempat  :

Daftar Pertanyaan

Jawaban Narasumber

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Sumber:

Bupena 4A Erlangga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAPPILAJARANG 5 ARU