TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6
TEMA
3. PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP
SUBTEMA
2. KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU
PEMBELAJARAN
6
Laporan Wawancara
Kita mengajukan berbagai pertanyaan untuk menggali
informasi penting dari narasumber saat wawancara.
Semua informasi yang kita dapat sebaiknya jangan cuma
kita ingat, melainkan kita catat dalam bentuk laporan hasil wawancara.
Laporan hasil wawancara bertujuan untuk memudahkan
orang lain membaca dan mengetahui informasi penting yang telah kita peroleh.
Melestarikan Hewan Langka
Manusia wajib melestarikan hewan langka. Pelestarian
hewan langka dilakukan dengan cara penangkaran hewan langka oleh Lembaga yang
berwenang. Salah satunya dengan mendirikan suaka margasatwa dan taman nasional.
Dengan melestarikan dan melindungi hewan langka, keseimbangan alam dapat
terjaga.
Ayo berlatih
1. Carilah informasi mengenai hewan yang terancam punah di
Indonesia. Tuliskan sedikitnya 5 hewan langka yang terancam punah!
2. Tulislah kewajiban yang harus kamu lakukan agar hewan
tersebut tidak punah!
3. Tuliskan pula hak yang akan kamu peroleh setelah
menjalankan kewajiban tersebut!
4. Berikan contoh sikap tidak menjalankan kewajiban
melestarikan hewan langka!
5. Apa saja akibat kepunahan hewan langka terhadap
kehidupan?
Keterampilan Kinerja Praktik
Melakukan Wawancara sesuai Topik
Ada berbagai macam tanaman di sekitar kita, salah
satunya tanaman hias. Ayo, lakukan wawancara dengan orang yang memelihara
tanaman hias di sekitarmu, mislanya anggrek, kaktus, mawar, atau tanaman hias
lainnya. Kamu dapat mewawancarai orang tuamu, saudaramu, atau petugas kebun
sekolahmu. Buatlah daftar pertanyaan tentang tanaman hias! Susunlah kegiatan
wawancaramu pada kolom berikut ini!
Topik
Wawancara : Narasumber : Pewawancara : Waktu
dan Tempat : |
|
Daftar
Pertanyaan |
Jawaban
Narasumber |
|
|
Komentar
Posting Komentar